Posted by: Hartoto | 01/12/2017

Narasumber E-Training Inlis Lite Pustakawan UNM

Kecanggihan teknologi sudah mampu mengatasi keterbatasan ruang dan waktu. Hal tersebut memberi dampak baik bagi orang-orang yang bekecimpung dalam bidang kepelatihan. Ada banyak sesi troubleshooting dan training yang saya ikuti dan saya lakukan melalui online. Untuk kelas online yang saya ikuti misalnya kelas Change Management oleh Prof. Rhenald Khasali, Ph.D, saya intensif mengikutinya melalui kelas online yang diselenggarakan oleh IndonesiaX, dan kelas-kelas lain yang saya ikut di edmodoCon dan Coursera, ini semakin memudahkan. Sementara untuk troubleshooting dan training saya menggunakan dua aplikasi populer yakni Google Hang Out dan Teamviewer. Google hang out digunakan untuk simulasi-simulasi sederhana, seperti yang kami lakukan dengan tim Google Indonesia untuk project GAFE (Google For Education). Teamviewer saya pilih jika saya ingin kendali full dan case nya agak berat. Hal tersebut jugalah yang saya gunakan pada pelatihan inlislite ke para staf Perpustakaan Universitas Negeri Makassar pada 12 Januari 2017. Posisinya saya sementara di Yogyakarta, sementara peserta ada di Makassar.

Kepala perpustakaan Prof. Oslan Jumadi, Ph, D menginisiasi etraining itu untuk mempercepat penguasaan stafnya terkait dengan aplikasi perpustakaan baru yang digunakan. Dalam hal ini beliau memilih INLISLITE sebagai corenya, menggantikan aplikasi lama GLIS.

Karena baru pertemuan pertama, saya hanya memandu di bagian konfigurasi, akuisisi, dan katalogisasi koleksi. Alhamdulillah, training berlangsung lancar karena para pustakawan sudah angat mahir kontennya. Saya hanya menunjukkan fitur-fitur dan fungsinya saja dengan sedikit contoh studi kasusnya.

Etraining dilaksanakan mulai dari pukul 12.00-1500 WITA. Terima kasih atas bantuan Ali yang sudah fasilitasi setting perangkat disana. Sampai ketemu di Makassar

Leave a Reply

Categories

