Posted by: Hartoto | 11/24/2016

Sharing Online di MITI KM

Berikut ini transkrip pokok sharing online yang saya lakukan di Grup WA MITI KM pada 3 Mei 2016:

Assalamualaikum. Semangad pagi rekan2 pembelajar.

Terima kasih atas kesediaannya untuk berbagi pada malam ini. Saya senang sekali dapat menjadi bagian dari diskusi kita dan berharap menjadi pemantik bagi ide-ide kreatif dalam pengembangan pendidikan di Indonesia

Jika rekan-rekan saat ini memiliki koneksi yang memadai, silakan nonton video ini:

Ini dikenal dengan sindrom katak rebus. Intinya, apabila seekor katak ditaruh di dalam air mendidih, katak tersebut akan melompat keluar, namun apabila kataknya ditaruh di air dingin yang dipanaskan perlahan-lahan, katak tersebut tidak akan mengetahui bahayanya dan akan mati direbus.

Terlepas dari kontraversinya sebenarnya banyak pelajaran yang bisa kita ambil. Perubahan yang terjadi secara perlahan itu lebih sulit kita sadari daripada perubahan yang kontras. Nah, pendidikan juga berkembang secara perlahan namun pasti. Jika kita tidak tanggap terhadap perubahan tersebut, kitalah yang akan ditelan perubahan.

Perkembangan Teknologi dalam Pendidikan

Revolusi Pendidikan (Eric Ashby ):

– Revolusi ke-1: Ketika orang tua menyerahkan pendidikan anaknya kepada seorang guru

– Revolusi ke-2: Ketika digunakannya tulisan untuk keperluan pembelajaran. Melalui tulisan ini dapat membuka akses yang sangat luas, sehingga informasi dapat disimpan dan dipanggil kembali.

– Revolusi ke-3: Ketika mesin cetak ditemukan sehingga materi pembelajaran dapat disajikan melalui media cetak, seperti buku teks, modul, majalah, dan lain-lain.

– Revolusi ke-4: Ketika digunakannya perangkat elektronik dalam kegiatan pembelajaran seperti radio, tape , dan TV untuk pemerataan dan perluasan pendidikan.

– Revolusi ke-5: Ketika digunakannya TIK dalam kegiatan pembelajaran, khusunya komputer dan internet

Prediksi Perkembangan Teknologi dalam bidang pendidikan:
http://cdn.nmc.org/media/2016-nmc-horizon-report-he-EN.pdf
http://cdn.nmc.org/media/2016-nmc-technology-outlook-isa.pdf

Tren pendidikan masa depan adalah Gamification, MOOC, BYOD, Learning Analitycs, Virtual Reality
Penjelasan lebih detil tentang virtual relity dapat dilihat di:
go.nmc.org/uwash
go.nmc.org/howvirt

Sebagaimana teknologi, pendidikan juga terus berkembang menjawab tantangan zaman. Teknologi adalah instrumen pendidikan, jadi penggunannya haruslah sesuai dengan tujuan-tujuan pendidikan. Semua berproses, cepat atau lambat, mau atau tidak mau teknologi akan bergerak maju – yang tidak ikut akan tertinggal. Maka yang perlu kita lakukan adalah adaptasi sesuai dengan kebutuhan baik di level makro maupun mikro.

Cara Belajar abad 21
1. Belajar berbasis project
2. Gunakan semua sumber daya (online dan offline)
3. Berbagi dan kolaborasi

Video prediksi 2050:

Refleksi

https://goo.gl/RZzEyz


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: