Posted by: Hartoto | 10/07/2016

Atasi Pure-ftpd Error 421 Operation not permitted CWP

Centos Web Panel adalah salah satu aplikasi web hosting gratis yang khusus dikembangkan untuk distro andalan saya, RHEL dan keturunannya. Instalasinya pun sangat mudah karena sudah ada script auto installernya. Namun kita tidak bahas ini, kejadian kemaren ketika saya install CWP di VPS Centos 6.8 64 bit. Ternyata servis pure-ftpd tidak mau jalan. Errornya seperti ini:

Starting pure-ftpd: 421 Unable to switch capabilities : Operation not permitted [FAILED]

Awalnya saya mengira ada setting di pure-ftpd yang salah, bahkan saya kopikan konfigurasi dari CWP yang establish namun ternyata masih saja tetap error. Akhirnya saya menjelajah via google dan menemukan sedikit pencerahan. Diagnosa awal adalah karena pure-ftpd yang terinstall tidak kompatible dengan kernel hostnya. Perlu diketahui bahwa hostnya saya gunakan proxmox versi 4.2.7. Guestnya pake LXC.

Jadi pemecahan masalah pure-ftpd error 421 ada dua:

  1. Compile ulang pure-ftpd, dengan menambahkan –without-capabilities. Tapi menurut saya ini tidak praktis karena belum tentu settingan manual kita cocok dengan bawaan CWP
  2. Dengan update proxmox. Nah saya pilih cara kedua ini dan berhasil. Caranya sangat mudah

Edit sources list:

# vi /etc/apt/sources.list.d/pve-enterprise.list

# deb https://enterprise.proxmox.com/debian jessie pve-enterprise
Kasih cooment agar tidak aktif, lalu tambahkan
deb http://download.proxmox.com/debian jessie pve-no-subscription

(soalnya kita pake versi gratisan)

Bersihkan dulu repo dengan :

# apt-get clean all

Selanjutnya upgrade OSnya

# apt-get update & apt-get upgrade & apt-get dist-upgrade

Jika sudah selesai, lalu restart

#reboot

Selesai


Leave a Reply

Categories

