Posted by: Hartoto | 04/11/2016

Giliranku Menyimak

Perempuan pembaca, sudah beberapa kali kita berkorespondensi dan sepertinya kisah kita mengalir sebagaimana uniknya doa-doa kita yang berpapasan. Semoga Allah senantiasa memurnikan niat kita ini.

Tulisanmu hari ini – sebagaimana tulisan-tulisanmu sebelumnya – sangat runtut dan padat. Meski tak semua yang engkau pikirkan itu tersurat, namun rupanya engkau telah berusaha keras memfilter mana hal-hal yang perlu engkau sampaikan. Yah, kita sama-sama mengetahui tidak semua hal dapat diungkap di linimasa. Dan korespondensi kita ini sebenarnya adalah upaya saling berbagi apa yang kita pikirkan dan rasakan dengan menanggalkan jebakan-jebakan inderawi.

Sepertinya saya sudah terlalu banyak bercerita dan meminta. Sekarang giliranmu untuk bercerita, tentang mimpimu, tentang harapanmu padaku, dan tentang kita tentunya. Saya akan berusaha menjadi penyimak yang baik, meskipun tetap saja tidak sebaik dirimu. Engkau tahu, pemuda pekebun itu belum pernah menyemai bunga sebelumnya. Maka tolong ajari dia bagaimana caranya memperlakukan bunga itu dengan baik dan benar. Bagaimana kondisi tanah yang tepat, suhu dan pencahayaan optimal, jenis pupuk yang baik, waktu penyiraman, bagaimana harus menyiangi dan bagaimana cara memetiknya. Pemuda itu tahu setiap bunga memiliki karakteristik tersendiri dan perlu mendapat perlakuan khusus agar ia dapat merekah sempurna. Maka tunjukkanlah padanya apa yang harus dilakukannya, sebab tentunya si bunga itu lebih tahu keinginan dan kebutuhannya ketimbang si pemuda pekebun itu.

Saya melihat kesungguhan pemuda itu untuk belajar, maka bersabarlah mengajarinya agar ia menjadi terbiasa. Ia juga belum paham benar bagaimana bunga itu bertumbuh sebelumnya. Mimpinya sempurna, tapi dia bukanlah sosok yang sempurna. Adalah kewajibanmu menyempurnakan dia. Kalian akan sama-sama saling menyempurnakan – saya pikir itu lebih logis.

Tabe, silakan berkisah…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: