Posted by: Hartoto | 02/26/2016

Atasi Masalah Pengiriman Email Moodle yang Tidak Berfungsi #2

Masuk lagi keluhan dari user bahwa moodlenya tidak bisa kirim email. Artinya registrasi via email, reset password juga tidak berjalan dengan normal. Nah solusinya sebenarnya pernah saya tulis pada artikel Cara Agar Moodle Dapat Mengirim Email Notifikasi. User saya gunakan Moodle versi 2.6.11. Mari kita cek satu persatu:

1. Cek konfigurasi SMTP Moodle

Masuk di Administrasi Situs / ► Plugins / ► Message outputs / ► Email. Gunakan setting di bawah ini:

  • SMTP hosts :smtp.gmail.com:465
  • SMTP security: ssl
  • SMTP username: username@domain.com
  • SMTP password: passwordemail
  • SMTP session limit: 1
  • No-reply address:username@domain.com
  • Always send email from the no-reply address?: centang
  • Character set:UTF-8
  • Allow user to select character set: tidak di centang
  • Allow attachments: Dicentang
  • Newline characters in mail: LF

Yang saya bold itu setting penting yang wajib dirubah.

2.Gunakan Plugin Test Email

Unduh plugin ini: https://moodle.org/plugins/local_mailtest kemudian test, nanti akan diberikan notivikasi. Dengan demikian kita bisa ketahui apakah pengiriman email gagal atau berhasil

3.Cek DNS

Seringkali pengiriman email terganggu bukan karena pengaturan SMPT, melainkan server yang tidak bisa terkoneksi dengan internet (domain). Untuk itu, perlu dites ping ke google.com, jika gagal berarti masalahnya di DNS.

Vi /etc/resolv.conf

kemudian tambahkan DNS google

nameserver 8.8.8.8


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: