Posted by: Hartoto | 10/06/2015

Eksotisme Tawangmangu (Grojogan Sewu dan Telaga Sarangan)

Alhamdulillah. Allah beri kesempatan lagi untuk menjejakkan kaki di kota Ngawi pada 26 September 2015. Bakda idhul adha rombongan Ajojing (yayaQe, Andiry, Imamkecil, Rizal, Ikhsan, SellaMawar) mampir ke Kradenan jemput saya. Mereka tiba sekitar pukul 13.00 WIB. Setelah ishoma, kami berangkat. Perjalanan boyolali ke ngawi di tempuh sekitar 3 jam.

kradenan

Ini rute dari boyolali ke ngawi. Foto di atas adalah foto kampungnya ibu di kradenan

boyolali-ngawiPerjalanan di ngawi sedikit terhambat karena di poros ngawi ada perbaikan jalan. Kendaraan mengular hingga sekitar 5 km. Kami tiba di rumah Robbin skitar pukul 8. Keluarga beliau ternyata sudah menyiapkan daging kelinci. Tantangan pertama, mengolah kelinci. Andiry Van lahat unjuk kebolehan, dia mengolah dengan sangat lincah untuk kepentingan kami bersama. Kami akhirnya menikmati makan malam dengan daging kelinci.

Esok paginya, saya jalan-jalan di sekitar rumah robbin. Disini musim kering lama, pohon-pohon jati mulai meranggas dan debu-debu cukup tebal. Memang di jawa sudah hampir 4 bulan tidak hujan, jadi wajar bila demikian.

Telaga Sarangan

Rute telaga saragan tidak terlalu jauh dari ngawi, jalanan pun relatif baik. Telaga Sarangan oleh masyarakat juga disebut Telaga Pasir, telaga alami yang terletak di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, jaraknya sekitar 16 kilometer arah barat kota Magetan. Luas telaga ini sekitar 30 hektar, kedalaman 28 meter. Suhu udara antara 18 hingga 25 derajat Celsius. Di telaga ini terdapat banyak boat yang bisa di sewa. Satu kali keliling dikenakan biaya 150rb, ada juga kuda tunggang yang disewakan 60rb setiap kali putaran danau

telaga sarangan

telaga sarangan 2

telaga sarangan 3Kami beristirahat sejenak sambil mencicipi kuliner. Saya memesan wedang jahe sambil menikmati semilirnya angin. Udara disini sangat segar, kuda-kuda sewaan juga beruntutan lewat melengkapi suasana rileks.

Bukit sarangan

Setelah cukup menikmati telaga sarangan, kami melanjutkan perjalanan ke bukit sarangan. Dari bukit ini kita bisa melihat danau sarangan dari atas. Lagi-lagi kami beristirahat sambil menikmati bakso kuah. Subhanallah, nikmat Allah yang paut disukuri.

bukit sarangan

Memetik Strawberi

Lokasi kebun strawberi ada banyak di sekitar bukit sarangan, kami memilih yang di bagian lembah. Strawberi hanya bisa dipetik jika kita membelinya satu kilo. Disini kita bisa mencicipi gratis sambil petik.

kebun strawbery sarangan

Grojogan Sewu

Puas memetik strawbery, kami melanjutkan trip terakhir di grojogan sewu. Air terjun Grojogan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu. Grojogan Sewu terletak sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar. Air terjun Grojogan Sewu merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu. Grojogan Sewu berarti air terjun seribu. Meski air terjun di sini tidak berjumlah seribu, tetapi ada beberapa titik air terjun yang dapat dinikmati di sini. Kata sewu atau seribu disini berasal dari seribu pecak, atau satuan jarak yang digunakan saat itu yang merupakan tinggi air terjun. Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Air terjun tertinggi yang ada tingginya sekitar 80 meter

grojogan sewu

grojogan sewu grojogan sewu

Subhanallah. Ciptaan Allah begitu indah. Kami menikmati perjalanan ini hingga larut malam