Posted by: Hartoto | 10/27/2014

Jadi Guru Harus GoBlog!

Perkembangan internet di Indonesia yang meningkat 100% tiap tahunnya [Efendi, 2009] juga telah berhasil mengusik stabilitas dunia pendidikan. Web 2.0 melahirkan banyak sarana yang dapat dimanfaatkan guru dalam menyambut generazi Z & Alpha. Guru yang tidak melek IT akan dianggap kudet oleh siswa-siswanya. Jadi guru harus goblog.

Mengapa Guru Harus GoBlog?

Ada banyak alasan mengapa guru harus menjadi seorang blogger.

1. Guru mengajar pada anak generasi Z, dan Alpha.

Generasi X adalah mereka yang lahir di tahun 1995-2009. Sementara generasi Alpha lahir antara 2010 hingga sekarang. Kedua generasi ini lahir telah akrab dengan gadget dan internet. Anda tidak perlu mengajarkan bagaimana cara menggunakan gadget pada anak-anak generasi ini, mereka cukup diberitahu tombol powernya. Selanjutnya mereka akan dengan sangat mudah mengeksplorasi. Generasi Z & Alpha tidak lagi bergantung pada guru semata dalam mencari pengetahuan. Jika Guru tidak menggunakan instrument teknologi, maka guru akan ditinggalkan oleh murid-muridnya. Guru gaul mesti punya blog, guru cerdas mesti punya blog.

2. Berbagi tidaklah cukup di kelas

Anda hanya memiliki waktu pukul 07.30-13.30 di sekolah. Jam mengajar Anda pun sesuai schedule. Jika mengajar adalah panggilan jiwa, waktu sesingkat itu tidaklah cukup. Nah, Anda dapat melanjutkannya dengan blog sebagai wadah Anda berbagi. Dengan menulis di blog, Anda dapat berbagi selama 24 sehari, 7 hari seminggu. Bahkan disaat Anda tidur dan liburan, orang diluar sana membaca tulisan Anda dan mengambil manfaat dari apa yang Anda tulis. Jika ini dihitung amal jariah, wah terus mengalir tiap detiknya. Mantab kan.

3. Mengasah Pengetahuan Guru

Untuk menulis diperlukan keterampilan merangkai kata-kata agar mudah dipahami oleh orang lain. Selain itu, Anda juga dituntut menguasai apa yang Anda tulis. Dengan demikian ingatan dan kapasitas keilmuanan Anda akan semakin terasah. Apalagi jika ada pembaca yang bertanya terkait topic yang Anda tulis. Kan malu kalau tidak bisa jawab, jadi anda akan belajar lagi untuk kemudian menjawab pertanyaan tersebut. Ilmu Anda jadi nambah terus bukan.

4. Balas Budi

Sering sekali Anda mencari sesuatu di google. Saya yakin sebagian besar google mengarahkannya ke blog. Anda sangat terbantu dengan adanya tulisan-tulisan yang ada dalam blog itu. Sekarang giliran Anda membalas budi dengan cara berbagi kembali. Semakin banyak orang yang berbagi, maka ilmu akan semakin cepat dan banyak berkembang.

5. Bisa terkenal dari Blog

Ada banyak contoh guru-guru yang menjadi terkenal karena sering ngeblog. Awalnya hanya menulis topik keahliannya. Lama-kelamaan banyak netizen yang berkunjung kesana dan menjadikan Anda sebagai sumber rujukan mereka. Lalu Anda intens menjalin komunikasi dan meningkat Anda jadi pembicara di seminar-seminar yang terlait dengan bidang keahlian Anda.

6. Bisa kaya dari Blog

Selain kaya ilmu, dengan ngeblog Guru juga bisa mengumpulkan pundi-pundi dolar. Caranya bagaimana? Dengan menjual kumpulan artikel, membuka jasa konsultasi, mengisi seminar-seminar, main seo dan addsense dan masih banyak lagi. Anda menghidupi blog, dan blog bisa pula menghidupi Anda

Mitos-Mitos GoBlog

1. Saya sudah terlalu tua

Anda merasa sudah terlalu tua untuk menjadi blogger dan bukan masanya lagi maka Anda kalah dengan pak Suparto Brata (82 tahun), kakek kelahiran 1932 masih eksis menulis di http://supartobrata.com/. Ada juga Olive Riley yang masih ngeblog di usia 108 tahun. Apakah Anda lebih tua dari mereka?

2. Saya tidak punya waktu

Setiap manusia memiliki kesibukan masing-masing. Berbagi melalui blog adalah pilihan hidup. Seperti halnya Anda selalu menyempatkan untuk SMS tiap hari, update status BBM, twitter, facebook, dan path. Apakah kesibukan Anda jadi alasan untuk Anda tidak menyentuh social media?

3. Saya tidak punya bahan untuk menulis

Apa yang Anda pikirkan, alami, rasakan, dengar, dan lihat adalah bahan untuk menulis blog. Apakah dalam setiap harinya anda tidak pernah mengalami sesuatu? Tentunya ada banyak hal yang kita temui setiap harinya. Bahkan tidak habis jika ingin ditulis semuanya

4. Saya tidak punya fasilitas yang memadai

Sekarang ini koneksi internet mudah di dapat. Di sekolah ada wifi, di kafe-kafe ada wifi. Anda juga menggunakan smartphone. Jika tidak ada paket internetnya, silakan cari provider yang berikan layanan murah meriah.

5. Ngeblog hanya buang-buang waktu

Berbagi tidak membuang-buang waktu. Ilmu yang Anda tuliskan akan sangat bermanfaat bagi banyak orang. Dengan menulis, Anda telah menolong banyak orang di luar sana. Apakah menolong orang lain membuang-buang waktu?

6. Tidak ada yang baca tulisan saya

Tidak mungkin. Minimal kan Anda yang baca. Dan selalu saja akan ada orang yang baca tulisan Anda. Tidak percaya, lihat saja di laporan trafiknya

6. Saya malu menulis

Anda harusnya lebih malu lagi jika tidak pernah menulis. Guru adalah profesi intelek yang dekat dengan pengetahuan. Pengetahuan diikat dengan tulisan. Dengan menulis Anda akan menjadi jago menulis.

5 Rumus Mulai GoBlog

Setelah anda siap menjadi seorang blogger, pertanyaan selanjutnya bagaimana cara memulainya?

  1. Buatlah blog. Anda tidak akan pernah menjadi seorang blogger jika Anda tidak memiliki blog. Pilihlah nama yang cocok dengan selera Anda dan pilih platform blog yang Anda suka (wordpress atau blogspot).
  2. Tulislah apa saja yang dilihat, didengar, dirasa, dan dipikirkan. Jangan pikirkan apa yang ditulis, tapi tulislah apa yang dipikirkan.
  3. Menulis dan merevisi adalah dua pekerjaan berbeda, maka jangan lakukan secara bersamaan. Kapan anda memaksanya untuk dilakukan sekaligus, Anda malah tidak akan menghasilkan apa-apa. Tulislah terlebih dahulu apa yang ada dalam pikiran Anda, lepas hingga Anda merasa tidak ada lagi yang tertinggal, semua sudah dicurahkan ke tulisan. Setelah itu, barulah Anda merevisi tulisan Anda, menstrukturkan dan memoles bahasanya sehingga orang lain menarik membacanya dan lebih mengerti. Standarnya bagaimana? Gunakan standar Anda sendiri saja, jika Anda sudah nyaman membaca, hal yang sama juga relatif sama yang dirasakan orang lain. Waktu akan menjawab standar tersebut dan feedback dari pembaca akan menuntun Anda bagaimana tulisan yang sederhana, dan menarik itu.
  4. Teruslah menulis. Ilmu ngeblog Anda akan semakin terlatih jika anda sering menulis. Pasang target dalam satuan waktu tertentu misalnya sebulan 1 tulisan, jika dijalani dan anda merasa terlalu ringan, bisa buat target 2 minggu sekali, kemudian seminggu sekali. Jika itu sudah anda rasa mudah, buat target sehari sekali. Tidak terasa semua akan anda jalani dengan mudah. Anda setujukan dengan istilah “ala bisa karena biasa”.
  5. Bergabunglah di komunitas. Saya menyadari bahwa semangat kita kadang naik dan kadang turun. Untuk itulah perlu wadah yang akan menstabilkan semangat Anda agar tetap eksis di dunia perbloggan. Komunitas blog dapat berdasarkan kesamaan minat/disiplin ilmu, atau territorial. Jika Anda pernah bertalian sejarah dengan Makassar, sangat saya anjurkan anda bergabung di AngingMammiri.org, komunitas ini sangat aktif dan produktif.

Sumber Ide

Ada banyak hal yang dapat guru tulis di blognya. Mulai dari materi yang diajarkan, pengalaman harian dalam mengajar, hingga urusan sekolah dan masyarakat. Jangan biarkan momen-momen berkesan yang anda rasakan berlalu begitu saja tanpa jejak. Jejak berupa foto tidak akan dimenegrti banyak oleh yang lain, tapi jika Anda menuliskannya maka kenangan itu telah terikat dan menginspirasi banyak orang. Apalagi jika dalam tulisan Anda memadukan gambar dan tulisan, itu lebih powerfull untuk Anda dan orang lain. Tidak ada batasan tema dalam menulis bahkan sesuatu yang dianggap sepele pun itu akan sangat berguna bagi orang lain yang tidak mengetahuinya. Misalnya saja cara mudah menghafal unsur-unsur kimia seperti golongan 1A dengan tools “Hajah Lina Kawin Rubi Cs Frustasi”, H (Hidrogen) Li (Litium) Na(Natrium) Ka (Kalium) Rb(Rubidium) Cs (Cesium) Fr (Fransium) . Itu bagi Anda sangat remeh-temeh karena anda sudah sering lakukan dan tahu caranya. Namun menjadi masalah besar bagi orang yang belum tahu caranya dan kesulitan mengingat unsur-unsur kimia. Dan ingat, saat ini google menjadi sandaran mencari informasi bagi orang-orang yang tidak tahu. Sedikit-sedikit google. Informasi yang anda tulis akan sangat membantu bagi orang lain.

Panduan

Saya menyadari tidak semua orang dapat paham dengan mudah pada hal-hal teknis berbau komputer. Olehnya itu sebagai suplemen, saya akan share panduan-panduan yang Anda butuhkan untuk mulai dan bertahan menjadi seorang blogger.

Penutup

Guru “Gaul” adalah guru yang punya blog. Mau narsis, silakan gunakan path, mau eksis silakan gunakan blog. Ketika guru mulai GoBlog, guru tersebut sudah buktikan bahwa ia mau belajar, maju, dan berbagi.

Unduh: 27102014 Jadi Guru Harus Goblog – Hartoto


Responses

  1. Nice post. Keep spirit, good guy! >_<tr

    • Mksh Nov… ada blognya?

  2. Yaps! setuju sekali…guru apapun, mesti punya blog😀
    https://sepinate.wordpress.com/2015/04/13/setidaknya-guru-atau-dosen-mempunyai-blog/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: