Posted by: Hartoto | 07/07/2013

Mempercepat Koneksi Internet SmartFren

Melanjutkan artikel saya beberapa waktu lalu tentang cara mempercepat koneksi modem hingga 2000%, kali ini saya akan share cara lain untuk mempercepat koneksi internet Anda. Cara ini bekerja untuk semua provider, hanya saja saya sekarang menggunakan smartfren.

Paket SMART yang saya gunakan

Untuk kesamaan persepsi supaya tidak kontroversial seperti postingan saya sebelumnya, saya jelaskan dengan detil bahwa saya menggunakan paket SMARTFREN NEO REGULAR (Download s/d 512 Kbps,Upload s/d 256 Kbps). Paket ini memiliki FUP 2 GB/30 hari. Jika sudah melewati FUP, jadi kecepatan download tinggal  153 Kbps, dan upload 64 Kbps. Dalam hal ini, saya masih belum melewati FUP jadi harusnya dapat kondisi maksimal.

jenis-paket-smartfren

jenis paket smartfren yang saya gunakan

Kondisi Geografis & Topologi Posisi

Saya berada di daerah penggiran Makassar, di lantai dasar. Rumah ada tingkat 2. Depan belakang kanan kiri dinding tembok bangunan lain. Meskipun demikian masih dapat signal smarft 5 bar

jenis-modem-dan-signal

Jenis Modem

Saya menggunakan modem bundling smart AC/CE 782 Sudah sekitar 1 tahun saya gunakan.

Modem smartfren AC/CE782

Modem smartfren AC/CE782

 Speed Awal (Saya uji pake speedtest.net)

2820423538

Speed awal ini jadi standar rata-rata yang saya dapat, yaitu download 150Kbps dan upload 140Kbps

Perlakuan

Untuk meningkatkan kecepatan internet dengan cara ini, kita membutuhkan 2 hal yaitu putty (download di http://the.earth.li/~sgtatham/putty/latest/x86/putty.exe) dan aksess ssh ke server. Kalau 2 hal ini tidak dipenuhi, tentunya tidak bisa dilakukan🙂

Setelah itu buka putty, kita setting dulu portnya, saya gunakan port 2012. Tapi kalau bagian ini tidak di settingpun tidak papa, berarti kita gunakan port standar untuk tunnel yakni port 22. Lokasi konfigurasinya di Connection => SSH =>Tunnels

setting-fordwarding-port

Source portnya masukkan nilai 2012 dan pilihannya Dinamic, setelah itu klik Add.

Langkah selanjutnya adalah login ke server:

login-putty

Masukkan IP server Anda dan klik open. setelah itu masukkan username dan passwordnya.

ssh-putty

Untuk putty sudah sampai di sini saja. Itu tadi sudah sesi ijab dari putty, sekarang kita masuk sesi qabul di sisi browser supaya sah🙂

Langsung saja, buka tool => option di mozilla. (kalau tidak ada menu barnya, harus diaktifkan dulu. caranya googling saja ya)

setting-firefox

Pilih Advanced => Tab Network => Settings

menu-setting-firefox

Pilih jadi manual proxy, isi bagian shocks dengan ip 127.0.0.1, portnya diisi sesuai yang kita buat di putty, dalam hal ini 2012. Pastikan jenis shocksnya shocks 4 ya…

atur-shock-port

Klik OK.

Sekarang tinggal di uji speedtestnya pake speedtest.net.

Hasil

hasil-speedtest

Tara, downloadnya memang sama, tapi lihat speed uploadnya jadi 3.24MBps. Lumayan kan, sekitar 23,14%.

Supaya lebih jelas, saya upload lagi perbandingan sebelum dan sesudahnya.

sebelum

sebelum

setelah

setelah

Sekian dulu ya, semoga bermanfaat


Responses

  1. jancoookkkkkk,,,
    ra menisan..

  2. “Masukkan IP server Anda dan klik open”.
    Sampai sini error terus, mohon pencerahan…

  3. Ini tipsnya bagus mas, cuma aja kok saya bermasalah ya pas masukin SSH ke puttynya. Jujur saya kecewa sama ISP indon -_- kalo mereka ngasi koneksi lebih cepet juga saya ga musti ngeretas bandnya toh?
    Trims mas tipsnya ^^b kalo bisa mohon dibimbing step by step untuk mempercepat koneksinya ^^


Leave a Reply

Categories

