Posted by: Hartoto | 03/17/2013

Bukti Keampuhan Tivoli IBM Software

Tivoli adalah salah satu software besutan IBM yang terbilang cukup handal, yah sebanding dengan harganya yang lumayan. Tahun lalu, di kantor membeli 3 produk tivoli sekaligus yakni ITM (IBM Tivoli Monitoring), ITNM (IBM Tivoli Network Monitoring), Fastback Manager, plus Lisensi Redhat untuk 3 server. Yang sekarang saya mau share adalah Fastback Manager. Tivoli Fastback Manger adalah software backup untuk server, detilnya di http://www-142.ibm.com/software/products/us/en/storagemanagerfastback. Software ini untuk enterprise sangat berguna. Nah bagaimana fastback ini bekerja.

Yang pertama kita harus menginstal agent di semua OS yang mau dibuatkan rutin backup, agen ini bertugas melaporkan dimana lokasi yang harus di backup berdasarkan perintah fastback. Skenarionya: Pada malam hari dimana aktivitas user di tingkat paling rendah, seluruh data di tarik ke staging. Nah selanjutnya data dari staging ditarik lagi ke FastBack.

Kok harus dua kali? Begini ceritanya. Staging itu diposisikan tempat penyimpanan sementara saja. Besok akan tereplace. Untuk koneksi dari staging ke server menggunakan cat6 (kalau tidak salah speednya 1giga). Data staging ini sebenarnya disimpan dalam storage DS yang kami punya. Kalau di staging sendiri pakai NAS punyanya HP. Koneksi antara server staging, storage untuk staging, software fastback, dan NAS menggunakan fiber optik. Jadi lumayan cepat.

Dimana kesaktiannya?

Beberapa hari lalu, Pak Nas telepon katanya server LPSE kami datanya hilang? Lho kok bisa? sampai di tahap itu saya sebenarnya masih sangsi kok bisa ya. Dari sisi aplikasi LPSE ini pasti lebih handal ketimbang aplikasi di luaran sana. Saya kemudian cek log-nya, hmmm tidak ada yang mencurigakan. Terus ada file yang mencurigakan karena ownernya tidak ada di list user server. Kok bisa ya? daripada pusing-pusing. Saya copy dulu bukti direktorynya kemudian dari Fastback saya restore. Jreeeng, semua sudah berjalan seperti biasa lagi. Coba bayangkan kalau tidak ada backup dari TIVOLI. ini LPSE lhoo, banyak orang yang lagi berkepentingan untuk tender. Tapi ya sudahlah, toh masalahnya sudah clear.

Tugas saya belum selesai. Kayaknya server ini harus diurusi lagi. dan di patch keamananya. Alhamdulillah ya Allah, Kau berikan aku kesempatan untuk belajar bersabar dan bersyukur. Dan lagi karena kejadian ini, saya dapat lagi celah keamanan di server lain yang hampir saja jadi korban berikutnya. Alhamdulillah. Kejadian ini banyak memberikan hikmah.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: