Posted by: Hartoto | 03/09/2013

Training Cyberoam di RHL Office Jakarta

Alhamdulillah, dapat kesempatan update ilmu lagi. Tepatnya senin, 04 Maret 2013 kami berangkat berempat (Saya, Pak Yasser, Pak Sulkifli, dan Pak Zulfuady). Start dari menara phinisi pukul 13.00 WITA, tiba dibandara sekitar satu jam berikutnya. Pesawat sempat delay sehingga kami baru boarding pukul 5. Ndak papalah, sambil menguji kesabaran. Syukurnya lagi, saya jadi sempat ngajar 1 jam secara online. Yah, kebetulan setiap hari senin pukul 15.00-17.00 WITA saya dapat amanah untuk sharing dengan anak-anak S1 Bahasa Inggris di mata kuliah IT Project. Cukup menantang juga karena itu mata kuliah baru yang saya pegang. Alhamdulillahnya lagi, saya dapat kesempatan memperdalam bahasa ingrris dengan mereka. Barteran gitu….

Lanjut cerita, dipesawat standar saja kejadiannya. Kami tiba sekitar pukul 18.00 WITA. Sambil menunggu jemputan dari pihak VI, kami sempat minum dan rehat di salah satu kafe di bandara sekaligus menjamak shalat. Pak Pandu dan Pak Anto tiba sekitar pukul 7 malam dan kami segera meluncur ke hotel tempat kami bermalam. Ternyata kami nginapnya di Hotel Amaris Kramat Jaya, daerah Senen. Makan malam kami menjajal masakan padang di dekat-dekat hotel.

Hari Pertama

Training kami secara khusus membahas implementasi Cyberoam. Oh iya, saya perkenalkan dulu cyberoam itu mahluk sejenis apa.

Cyberoam merupakan peralatan keamanan jaringan berbasis identitas memberikan perlindungan yang komprehensif dari ancaman yang meliputi malware, virus, spam, phishing, dan serangan pharming. Keamanan unik berbasis identitas melindungi dari ancaman internal yang mengarah ke pencurian data dan kehilangan. Peralatan ini memberikan fitur keamanan yang lengkap dan kuat, termasuk Stateful Inspection Firewall, VPN, gateway Anti-virus dan Anti-malware, Gateway Anti-Spam, Intrusion Prevention System, Content Filtering, Bandwidth Management dan Multi-Link Manajer atas keamanan tunggal serta termasuk Log & Reporting

Versi aslinya :

Cyberoam UTM delivers enterprise-class network security with stateful inspection firewall, VPN and IPS, offering the Human Layer 8 identity-based controls and Layer 7 application controls. It ensures high levels of network security, network connectivity, continuous availability and secure remote access with controlled network access to road warriors, telecommuters, partners, customers.
With granular controls and advanced networking features, Cyberoam UTM appliances offer enterprise-class security and high flexibility with protection against blended threats, malware, Trojans, DoS, DDoS, IP spoofing attacks, spam, intrusions and data leakage.
Di Kantor, kami menggunakan versi CR1500iNG. Untuk saat ini termasuk di kelas paling atas. Kami diperkenalkan fungsi, topologi, dan menu-menu fundamental cyberoam. Masing-masing peserta diberikan kesempatan untuk mengobrak-abrik menu yang ada. dan serunya lagi, setiap peserta diberikan pinjaman 1 cyberoam untuk praktek. Hari pertama selesai hingga pukul 5 sore.
Selanjutnya… JALAN-JALAN🙂
He.he.he. jalan-jalan bukan sekedar jalan. Jadi pilihan saya adalah ke Mangga Dua. Katanya disana pusat penjualan komputer. Setelah sampai disana, kami keliling full dari lantai satu sampai atas. Ternyata disini benar-benar pusatnya. Oh iya, Bhinneka juga ada disini. Sebenarnya saya cari mino HD keluaran cisco, tapi ndak ada saya dapatkan. Jadi kami keliling-keliling saja.
Yang menarik disini adalah kebanyakan tokonya juga memiliki toko online, dan lagi di lantai tengah ada TIKI/JNE. jadi kalau ada order langsung diserahkan ke TIKI untuk distribusinya. Luar biasa.. All in one services….
HARI KEDUA
Hari kedua kami agak lambat. solanya saya yang salah, terlalu lama keliling monas dan istiqlal. Yah, sehabis shalat saya dan Zul target sampai di monas jalan-jalan (pake kaki) setelah sebelumnya sampai ke UI SALEMBA (Hari ke-1). Pulangnya kami terlalu lama nunggu busway ke SENEN.
Pelatihan sesi 2 kami belajar tentang web filtering, antispam, firewall, dan logging cyberoam. Dan ditutup dengan ujian. Heh.. memang ada ujiannya 3 lembar soal. Untungnya boleh open book. Selesai dari pelatihan kami berpisah, saya dan Zulfuady pergi ke depok. Pak Sulkifli tetap di jakarta, sedangkan pak Yasser langsung balik ke Makasasar.
HARI KETIGA
Hari kedua dan ketiga saya satukan sebab agendanya cuman satu. Jokka-jokka. Kami ke depok menggunakan kereta api. Turun di stasiun UI depok. Nunggu disana sekitar 1 jam di terminal UI sambil memantau civitas akademika UI. Disini memang beda dengan di Makassar. Nuansa akademiknya kentara sekali.

Responses

  1. […] Hiruk pikuk politik sudah terasa ketika saya memasuki kota ini. Namun itu bukan dari saya, bukan juga anti politik tapi saya agak jenuh. Apalagi media selalu menjejali berita-berita serupa yang saya sendiri meragukan objektivitasnya. Kedatangan saya ke Sinjai (9 Maret 2013) kali ini karena ajakan salah seorang client saya. Ada perangkatnya yang mau di pindah ke daerah itu dan sepertinya membutuhkan saya. Saya memang sudah dikontak 2 minggu sebelumnya untuk mencocokkan jadwal. Maklum lah, lelaki panggilan . Dan baru kali ini ketemu waktu yang pas. Itupun saya hanya istirahat sehari setelah dari Jakarta. […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: