Posted by: Hartoto | 05/01/2012

Cara Factory Reset Notebok Toshiba Portege

Tadi pak Nas membawa laptop masih dalam kardus ke meja saya. Katanya bermasalah. Wah ini laptop baru sepertinya. Setelah saya buka dari kardusnya dan coba nyalakan, ternyata lambat sekali. Saya curiga ada virusnya. Tapi takut dimarahi virus karena asal tuduh tanpa bukti, akhirnya saya masuk di save mode. Masuk ke save mode juga lumayan loading. Setelah berhasil masuk, saya cek beberapa tempat nongkrong virus favorit ternyata tidak ada yang mencurigakan. Hm… ini sepertinya ada sesuatu yang salah.

Saya kemudian tanya ke pak Nas apakah ada data penting atau tidak. Ternyata beliau mengatakan laptop ini masih fresh. OK kalau begitu saya reset factory (kembalikan ke mode prabikan) saja. Caranya sangat simple:

  1. Cas laptop
  2. Banting Nyalakan laptop
  3. Cepat tekan 0 (noll) hingga muncul loading files
  4. Anda akan masuk di mode reset factory.
  5. Ada dua pilihan reset sistem atau reset keseluruhan. Supaya aman, pilih saja reset system. Kalau anda pilih reset keseluruhan. Hardisk akan diformat dan menjadi satu lagi. Beresiko tinggi karena jika laptop anda sudah terbagi ke dalam partisi-partisi, semua akan dihapus dan dikembalikan jadi 1 partisi
  6. Next.nex.tnext selesai

Leave a Reply

Categories

