Posted by: Hartoto | 02/28/2012

Presentasi Digital Library UNM

Sore itu (Jum’at/24-02-2012) saya masih membawakan materi di cafe citra kuliner, tiba-tiba saja hp berdering. Ternyata dari pak Rusli, direktur ICT Center. Beliau memberitahu bahwa hari senin akan ada presentasi tentang digital library di ruang senat lantai 3. Dan saya diminta mempersiakan sistem dan perangkat-perangkatnya. Wah ini tantangan baru lagi… Saya mengiyakan. Insya Allah ada jalan.

Ternyata saya baru ingat kalau besoknya, sabtu. Saya sudah janji dengan ketum enal untuk telekonference dengan pengurus HIPMI-PT pusat. Saya meluncur kesana pukul 10 (sesuai janji, belajar ontime) dan ternyata di Cafe Woodsy Gab sudah ramai. Tapi kok ndak ada pengurus ya… Ternyata saya dapat giliran nunggu lagi😦. Setelah beberapa jam satu persatu pengurus muncul, Jaya, Arham, Enal,  dan Irwan. Kami diskusi sebelum ternyata dari pusat telepon katanya mereka tidak mempersiapkan untuk teleconference. Posisi mereka di puncak [bogor]. Lha. ini bagaimana sih. Padahal mereka yang minta. Tapi ndak papa, nikmati saja. Stelah lama berdiskusi teman-teman ajak foto bersama di elegan, tetapi saya menolak. Spertinya foto itu untuk publikasi ke media… Saya pamit, sementara jaya dan irwan ke dealer untuk cek pesanan 3 pajeronya….

Sampai dirumah, sayalangsung buka laptop dan memulai proyek pembuatan digilib tersebut. Pilihan saya jatuh pada GDL (ghanesa Digital Library). Sepertinya sistem yang dikembangakan ITB ini cukup mempuni untuk digunkan. Langkah pertama adalah membuat tampilan baru. Dan saya memberikan nama tema itu dengan “phinisi” dengan codename “kejartayang”. Maklum, kejar tayang betulan ini…

Pukul 16.00 lampu padam. Di runag kerja saya sangat gelap. Maklum pencahayaan hanya mengandalkan lampu listrik. Untungnya saya memiliki cadangan lilin. Dengan itu saya kerja sampai pukul 17.00. Lelah sekali mata kerja di depan laptop dalam suasana redup seperti itu. Saya memutuskan untuk menyudahi dulu sementara ‘bermesraan’ dengan ‘coding’. Kebetulan juga sudah jam olahraga. Saya segera ambil sepeda kemudian keliling kota. Akhirnya sampai di gowa. Disana keliling-keliling di taman olahraganya dan kembali lagi. Satu jam sudah cukup. Sampai di rumah disempurnakan dengan angkat berat [ala saya], sit up, dan push up. Setelah itu istirahat dan mandi.

Pasca magriban, saya lanjut kerja dan ndak terasa sudah sampai pukul 2 dini hari. saya memutuskan untuk berhenti. Ingat resolusi mhmmd. 80% pekerjaan sudah selesai. Subuh setelah shalat, lanjut sepeda lagi. Kali ini ambil rute tidak terlalu jauh karena malamnya begadang. Setelah mandi langsung ke ICT. Disana saya menyelesaikan pembuatan panduan elibrary UNM, upload data ke server, dan pembuatan presentasinya.

Ternyata presentasi jam 2.

Semua sudah beres kecuali modul registrasi yang masih mode blank. Tanya-tanya sama om google ndak nemu-nemu tapi saya berasumsi karena konfigurasi phpnya yang tidak sesuai yang direkomendasikan gdl. Presentasi berlangsung lancar, pak Rusli benar-benar terampil dalam mempresentasikan ini. Saya menyimak bersama pak amir ali. Di belakang sudah berdatangan ketua-ketua jurusan, kepala lab, dan PD-pd 1.

Bagi yang berminat download panduan elibrary unm, silahkan cek di mari:

  1. Panduan Penggunaan Digital Library Universitas Negeri Makassar (versi docx)
  2. Panduan Penggunaan Digital Library UNM (versi pdf)
  3. presentasi-digilib-unm (pptx)

background presentasi unm phinisBackground Template Slide Presentasi Power Point phinisi UNM


Leave a Reply

Categories

