Posted by: Hartoto | 02/16/2012

Menjajal Load Balancer Barracuda

Akhirnya tim dari Baracuda datang membawa 2 load balancer 340. Segera setelah itu dilakukan sesi sharring knowledge. Secara umum, load balancer ini digunakan untuk mendistribusi trafik agar kinerja server stabil dan tidak overload. Keunggulan baracuda ini adalah penggunaan IP virtual, jadi user sebernarnya hanya mengakses IP virtual dan sulit tembus ke real server. Ini akan diterapkan untuk datacenter kami di lantai 9. Sebelumnya perangkat server yang datang adalah Server Blade. Untuk fitur baracuda load balancer saya cantumkan di bawah:

Cara kerjanya begini:

Cara kerjanya sederhana, misalnya kita memiliki 3 server yakni server A (192.168.13.18) ,B (192.168.13.19) , dan C (192.168.13.20) . Terlebih dahulu kita menentukan IP virtual untuk ke-3 server itu misalnya IP: 118.97.32.17 dengan IP local 192.168.13.9. Nah di DNS diarahkan ke IP virtual 118.97.32.17. Kemudian menambahkan IP lokal dari 3 server real tadi (A,B,C) untuk balncingnya. Jadi user akan mengakses IP 118.97.32.17, kemudian baracuda memilihkan kita di server mana yang lebih longgar. Jadi setiap pengunjung akan ditempatkan di server yang berbeda sehingga trafiknya dapat seimbang. Istilah gampangnya kalau ada tiga jalur jalan, petugas lalu lintas (dalam hal ini baracuda) akan memilihkan ke kita jalan yang agak sepi dan bebas macet sehingga kita sampai ditujuan lebih cepat dan aman. Begitu lho….

Untuk tahap awal, rencananya akan digunakan di aplikasi SIAKAD dulu, kalau sudah mahir dan teruji stabil baru digunakan di semua aplikasi. Oh ya, dokumentasinya disimak ya….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: