Posted by: Hartoto | 10/11/2010

Pelatihan E-learning Guru-guru SD-SMP-SMA

Ahad pagi pukul 06.30 WITA saya tiba di Makassar, setelah 4 hari di Luwu Timur. Meskipun masih sedikit lelah tapi saya sudah terlanjur janji untuk membawakan materi Pengembangan Pembelajaran Online (e-learning). Akhirnya pukul 07.30 saya tiba di ICT  Center dan ternyata lewat pukul 09 acara baru dibuka karena menunggu kedatangan Rektor .

Peserta pelatihan e-learning sekitar 30 orang yang mewakili guru-guru SD, SMP, dan SMA. Beruntung saya bisa membawakan materi bersama ibu Farida Febrianti, S.sos, M.Si dan Nurhikmah, S.Pd, MSi yang sebentar lagi akan menjadi doktor di bidang teknologi pembelajaran. Dibanding dengan pelatihan-pelatihan e-learning sebelumnya, peserta kali ini cepat paham. Namun karena terbatasnya waktu, maka materi yang bersifat teori tidak sempat diberikan. Secara umum pelatihan berjalan lancar, materi yang diberikan adalah : Pengenalan e-learning, pendaftaran e-learning, pengaturan kelas online, memasukkan materi, memberikan tugas, mengamati aktivitas dan nilai siswa.

Usai pelatihan, peserta meminta agar kami memberikan pelatihan lanjutan di sekolahnya.


Responses

  1. ????????????

    • @ Andi Asmar. Semangad dinda!

  2. Assalammu’alaikum.Pak Toto yang dirahmati Allah, saya yakin bapak cukup ahli dalam bidang ini. Saya ingin menerapkan e-learning studies di kelas saya. dengan 1atau 2 siswa(SD) untuk satu computer. tapi saya agak bingung bagaimana memulainya. Mohon bantuannya pak untuk memberitahu langkah-langkah apa saja yang bisa saya ambil, semacam rppnyalah. Terimakasih banyak jika bapak merespon pertanyaan saya.Ibu Reni

    • @ Ibu Reni. e-learning yang ibu maksud itu juga termasuk berbasis e-learning meskipun saat ini kecenderungannya adalah menggunakan teknologi internet. Untuk pebelajar yang tingkat intelegensi dan kemandirian belajarnya masih rendah. Penggunaan perangkat teknologi dimaksudkan untuk menstimulus motivasi dan suasana belajar yang menyenangkan. Malaysia juga telah lama menggunakakan SMART BOARD dalam proses pembelajaran (cek softwarenya di http://www.pintarlearning.com.my.

      Yang harus Ibu reni lakukan pertama adalah 1) Identifikasi kebutuhan dan karakteristik siswa Ibu 2) Identifikasi materi yang akan menggunakan perangkat komputer tersebut 3) Buat RPP yang didalamnya tercantum jelas sintaks pembelajaran dan strategi apa yang ibu perlu lakukan. dan yang terpenting Ibu harus fokus pada bagaimana proses agar siswa Ibu dapat belajar dan jangan sampai karena penggunaan IT itu malah mengganggu proses belajar siswa mengingat mereka masih terlampau kecil untuk melakukannya. Kecuali bentuknya visualisasi seperti video, gambar, atau interaksi sederhana. Semoga sukses.


Leave a Reply

Categories

