Posted by: Hartoto | 06/24/2010

UNM Kampus Elearning

UNM tidak henti-hentinya melakukan inovasi, terutama mengenai konsep pembelajaran berbasis IT. Berbeda dengan sebelum-sebelumnya, konsep ini diaplikasikan mulai dari tingkat atas hingga sampai ke mahasiswa. Bahkan rektor sendiri yang mengaplikasikannya dalam beberapa mata kuliah yang diampu beliau. Elearning saat ini telah menjadi trend, terutama bagi mereka yang menginginkan pembelajaran lebih fleksibel dan tidak terbatas ruang dan waktu.

Dan saya sendiri secara langsung mengikuti proses pengenalan pembelajaran elearning itu. Kebetulan diminta untuk mendampingi proses pengenalan elearning ini. Meskipun pertemuan tidak berlangsung lancar, namun semangat elearning ini benar-benar terlihat. Bayangkan, mahasiswa program doktoral (s3) bersedia untuk dilatih setahap demi setahap untuk memanfaatkan fasilitas pembelajaran online  di UNM. Awalnya saya sempat sedikit gerogi karena harus mendampingi (ndak mungkin saya istilahkan mengajar, mereka tentunya lebih hebat dari saya) dosen-dosen senior saya. Berhubung sekarang peran saya sebegai fasilitator/instruktur, tentulah saya harus menjalankan peran itu.

Dalam pertemuan tersebut, peserta diajarkan bagaimana mengelola kelas elearning. Jadi setiap dosen memiliki mata kuliah yang dia ampu secara online.  Mulai  dari menampilkan bahan ajar, tagihan, dan mengelola mahasiswa. Dan yang saya bangga dari rektor saya (Prof. Dr. H. Arismumandar, M.Pd) adalah kesediaan beliau mendampingi mahasiswa program doktoral tersebut sambil sesekali memberikan support dan pencairan-pencairan suasana.

Saya dan Ibu Hikmah (instruktur utama) sangat kewalahan dalam pelatihan kali ini. Selama ini kami merasa mahasiswa S2 lebih sulit  (baca: menantang) daripada mahasiswa S1, tapi ternyata mahasiswa  s3 lebih sulit (baca;menantang ). Mungkin karena mereka belum biasa menggunakan IT. Tapi intinya, mereka tidak merasa malu untuk bertanya jika mereka tidak tahu… saya salut luar biasa. Dan hari jum’at lusa pelatihan ini akan dilanjutkan kembali


Leave a Reply

Categories

