Posted by: Hartoto | 05/12/2010

Go Action! Jangan Terlalu Lama Dipikir

Manusia memang sangat aneh, sanggup memikirkan hal-hal yang sangat banyak dan detil. Bahkan hal-hal yang tidak seharusnya dipikirkanpun ikut masuk dicampur aduk dalam otaknya. Hingga terkadang malah pusing sendiri. Nah kalau sudah begitu baru mengeluh. Belum sadar dengan pusingnya, ia malah disibukkan dengan mengge rutu sebab sakit di kepalanya dan mulai mencari-cari kambing hitam dari kebiasaan sok peduli dengan hal-hal yang sepele. Apakah anda juga termasuk orang demikian?

Sebenarnya saya juga sering mengalami, pasalnya saya tidak sanggup membendung otak saya yang selalu jalan jika melihat sesuatu. Langsung tergambar jelas bak layar film di depan mata saya. Jika begini begitu, seandainya begini dan begitu, kira-kira begini, ini bagusnya kalau begini, dan seabrek pemikiran lain. Kasus lain adalah ketika saya diperhadapkan dengan banyak aktifitas yang harus dilaksanakan (bukannya sok sibuk, ini tuntutan kebutuhan), semakin lama dipikir malah semakin bingung dan pusing. Celakanya lagi, tidak satupun bisa saya selesaikan tepat waktu karena sibuk dengan kepusingan dan bimbang apakah saya dapat melaksanakannya semua tepat pada waktunya. Alhasil, berhari-hari saya hanya sibuk dengan kesibukan yang tidak jelas. Sampai deadline yang ditentukan tiba, saya masih pusing dan belum berbuat apa-apa.

Seorang teman pernah mengirim SMS ke saya, kalimatnya kurang lebih begini:

Saya lebih menghargai orang yang mempunyai satu ide tapi dilaksanakan daripada yang punya banyak ide tapi tidak diwujudkan.

Wah, itu kena sekali dengan saya. Tepat di jantung. Olehnya itu, saya mulai merubah fokus. Mulai kerjakan satu-satu. Yang tidak memungkinkan, bisa di delegasikan. dan akhirnya semua dapat selesai dan saya tidak pusing lagi. Bayangkan, pekerjaan yang 4 hari saya pikir dengan berpusing-pusing ria, ternyata setelah saya kerja selesai dalam waktu kurang dari 1 jam. Andaikan dari dulu saya kerja, pastilah sekarang saya jauh lebih santai.

Selagi Anda masih baca tulisan ini, saya ingin berbagi tips bagi Anda jika banyak memiliki tugas yang bertumpuk-tumpuk dan tidak bisa membagi diri (seperti naruto).

  1. Tulis semua kegiatan/masalah anda. Biarkan semua keluar dalam pikiran Anda. Setelah itu pilih skala prioritas dan mulailah kerjakan satu persatu, fokuslah agar dapat tercapai dengan maksimal.
  2. Jika tidak memungkinkan, Anda dapat delegasikan kepada yang lain.
  3. Kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas

Responses

  1. Sya tambahkan tips poin 3nya yah,kerja puas…hehehe

    • mantap


Leave a Reply

Categories

