Posted by: Hartoto | 11/16/2009

Pelatihan Paket Aplikasi Sekolah (PAS) di SMAN 2 Sengkang

Tanggal 12 – 14 November 2009, saya diminta mendampingi salah seorang instruktur senior pustekkom (Supardin, S.Pd, M.Pd) dan juga penanggung jawab PAS (Paket Aplikasi Sekolah) di Sulawesi Selatan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru di SMAN 2 Sengkang, Kab. Wajo. Pelatihan ini berlangsung di laboratorium biologi yag disulap menjadi lab komputer. Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Wajo (dalam hal ini yang mewakili), dewan komite, dan beberapa pejabat penting lainnya.

Paket Aplikasi Sekolah Pendidikan Menengah Atas (disingkat: PAS-SMA) adalah piranti lunak sistem informasi manajemen pendidikan Menengah Atas untuk tingkat sekolah, yang secara khusus dirancang dan dibangun untuk dijalankan di setiap Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Indonesia. PAS-SMA dibangun dengan dana yang sepenuhnya berasal dari Pemerintah Republik Indonesia (APBN) melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (Dit. PSMA). Karena itu, PAS-SMA adalah: Milik Negara,Tidak Untuk Diperdagangkan, namun boleh dan bahkan sangat dianjurkan untuk digunakan oleh setiap SMA yang telah mendapatkannya. Karena itu, penggandaan PAS-SMA yang kemudian diikuti dengan penyebarluasannya ke SMA-SMA adalah tindakan legal.

Ada tiga keunggulan yang dimiliki PAS-SMA, yaitu:

  1. Sederhana. Tidak membutuhkan perangkat keras komputer dengan spesifikasi teknis yang tinggi.
  2. Fleksibel. Dapat disesuaikan dan dikembangkan secara lebih lanjut dan mandiri, berdasarkan kebutuhan spesifik masing-masing sekolah.
  3. Terpadu. Modular namun merupakan bagian integral dari sistem informasi pendidikan nasional.

Dengan menggunakan PAS-SMA, administrasi sekolah akan sangat terbantu khususnya dalam pendataan, pelaporan, dan pelayanan data dan informasi tentang sekolahnya kepada pihak luar yang membutuhkannya.

Pendataan :

Administrasi sekolah dengan mudah dapat melakukan pendataan (perekaman dan peremajaan data) antara lain terhadap:

  1. Identitas sekolah
  2. Penerimaan siswa baru: calon siswa pendaftar, passing grade ditetapkan, dan siswa baru diterima
  3. Data induk: siswa, guru dan tenaga administrasi
  4. Kegiatan belajar-mengajar: wali kelas dan guru mata pelajaran ditugaskan, jadwal pelajaran, absensi, dan nilai prestasi belajar setiap individu siswa
  5. Kebutuhann guru
  6. Keuangan sekolah: penerimaan dan pengeluaran
  7. Fasilitas sekolah: buku, alat pendidikan, perlengkapan sekolah, lahan, ruang kelas, dan utilitas
  8. Bantuan-bantuan yang pernah diterima

Pelaporan :
Kebutuhan intern sekolah akan data dan informasi mengenai pendidikan yang diselenggarakannya dengan mudah dan cepat dapat dipenuhi. Keluaran-keluaran dalam bentuk laporan yang dapat dihasilkan melalui PAS-SMA antara lain adalah

  1. Daftar siswa, daftar, guru, dan daftar wali kelas
  2. Jadwal pelajaran dan laporan absensi siswa
  3. Raport siswa.

Pengiriman Data :
Sebelum menggunakan PAS-SMA, setiap SMA secara rutin tahunan harus mengisi empat rangkap kuesioner (LNS) dari Depdiknas, dan kemudian mendistribusikannya ke Depdiknas, Dinas Pendidikan Propinsi, dan Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota. Setelah menggunakan PAS-SMA, setiap SMA tidak lagi harus mengisi kuesioner yang berjumlah halaman dan berangkap banyak itu, karena LISM yang harus didistribusikan dapat dihasilkan kapanpun secara otomatis.

Bagi SMA yang memiliki akses ke internet bahkan tidak perlu mencetak LISM untuk kemudian didistribusikan secara fisik, karena PAS-SMA dilengkapi dengan fasilitas Export LISM yang memungkinkan LISM secara elektronik diidtribusikan secara cepat dan langsung melalui internet dan email.

JIKA SEKOLAH ANDA INGIN MENGGUNAKAN PAKET APLIKASI SEKOLAH (PAS) INI, ANDA DAPAT MENGONTAK SAYA MELALUI NOMOR 081 343 865 864 (HARTOTO). KAMI SIAP MEMBERIKAN PELATIHAN DI SEKOLAH ANDA BONUS INSTALASINYA. MAJULAH PENDIDIKAN INDONESIA!


Responses

  1. pak, saya mau nanya nich, tentang pas kebetulan kemarin saya sdh coba insstall, untuk memasukan data pegawai/guru yang non PNS gimana caranya, karena yang saya lihat di situ cuman pegawai PNS yang bisa entry. sebagai informasi sekolah kami swasata jadi pegawainya banyak yang non PNS


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: