Posted by: Hartoto | 09/22/2009

BloggerKampus.org – Spirit persatuan para Blogger Kampus

Hartoto – Negara yang maju adalah yang lebih mengutamakan budaya tulis daripada budaya tutur. Semetara itu salah seorang presiden Republik Indonesia pernah mengatakan dalam pidatonya bahwa bangsa Indonesia lebih terbiasa dengan budaya tutur dibandingkan dengan budaya , 2009). Sangat ironis memang, padahal besarnya tulisan yang dihasilkan juga merupakan indikator kemajuan peradaban suatu bangsa. Tentunya besar yang dimaksud bukan hanya dalam ukuran kuantitas, tetapi juga kualitas. Bukankah peradapan lepas landas dari zaman prasejarah sejak manusia mulai mengenal tulisan dan meninggalkannya.

Kemajuan bangsa tidak lepas dari peran generasi muda terutama mahasiswa sebagai agent of change. Semangat perubahan yang diusung oleh mahasiswa tentunya adalah perubahan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Konsepsi ini masih akan tetap bertahan meskipun teknis pelaksanaan dan pola pergerakannya harus disesuaikan dengan perkembangan kekinian suatu bangsa dan peradaban. Sangat naif jika kita harus memaksakan pola pergerakan tahun 45 atau 98 dengan sekarang ini. Terkait dengan paparan sebelumnya, mahasiswa yang merupakan kaum intelektual haruslah lebih mengutamakan “otak” daripada “otot”-nya. Jangan mendefenisikan perjuangan mahasiswa terlalu sempit. Banyak jalan untuk melakukan perubahan.

Disisi lain, perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat harusnya dapat dimanfaatkan secara cermat dan tepat. Dalam tulisan ini yang saya maksud adalah karya fenomenal peradaban yang disebut oleh banyak orang dengan istilah BLOG. Blog saat ini dapat menjadi media yang sangat tepat untuk menyalurkan aspirasi dan inspirasi. Blog adalah bentuk kebebasan secara ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan dalam ruang dan waktu yang tidak terbatas. Blog adalah bentuk kebebasan terkontrol yang tidak dapat didominasi oleh kalangan tertentu. Blog adalah media yang dapat mempertemukan berbagai etnis dengan latar belakang budaya, pemikiran yang berbeda.

Munculnya blogger-blogger baru merupakan pertanda baik bagi negeri ini. Blog akan mengantarkan bangsa ini menjadi bangsa yang maju, yang lebih mengutamakan budaya tulis daripada budaya tutur. Para blogger nantinya juga memiliki kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan. Dengan mengusung semangat persatuan para blogger, munculah bloggerkampus.org. Bloggerkampus yang diharapkan menjadi wadah komunikasi, koordinasi, dan ajang menyalurkan aspirasi dan inspirasi secara bijak, cermat, dan tepat. BloggerKampus diharapkan dapat menyatukan para blogger kampus yang tersebar di seluruh Indonesia. Marilah bergabung bersama kami dalam BlogerKampus.Org, temukan spirit persatuan para blogger kampus disini.


Responses

  1. Betul itu pak. Buktinya, HP lebih banyak kita gunakan untuk ngomong daripada kirim SMS. Ironisnya, banyak diantara kita merasa kurang dihargai kalau seseorang yang “kita anggap bawahan” menghubungi kita dengan SMS.

  2. Wah maaf pak, salah “kamar” commentnya.

    • Ndak papa. terima kasih sudah sempat mampir di blog saya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: