Posted by: Hartoto | 09/22/2008

Proyek Database SMADA

Dalam organisasi, biasa kita Panitia Pelaksana mendapat tugas mengirim surat undangan ke kakak kelas ataupun teman-teman yang terkait dengan kegiatan tersebut dan tidak bisa ditemukan di sekolah. Tidak jadi masalah kalau memang kita tahu alamatnya. Tapi sepertinya mustahil jika kita mengetahui semua alamat teman-teman seorganisasi kita, apalagi yang bukan teman jalan/akrab. Tapi kalau kita tidak tahu bagaimana? Sementara surat tersebut harus secepatnya disampaikan. Tanya teman-temannya! Anda beruntung kalau temannya juga tahu, kalau tidak terpaksa surat undangan itu tidak jadi disampaikan. Kayaknya serba salah… L

Pernah suatu ketika saya ingin menelepon seseorang karena suatu keperluan (keperluan dinas lho …J). Saya bingung, soalnya saya tidak tahu nomor teleponnya. Tanya teman-temannya apalagi, tambah tidak tahu. Akhirnya terpaksa saya batalkan (sungguh tragis L).

Gambaran di atas mungkin sebagian kecil dari masalah-masalah yang sering kita hadapai ketika kita ingin mengetahui alamat atau nomor telepon teman-teman kita, terutama yang berlainan kelas. Apalagi yang berlaianan angkatan. Misalnya saja kita anak kelas satu ingin mengetahui nomor teleponnya kakak kelas XII. Ataupun sebaliknya. Mau bertanya, biasanya malu atau segan (mudah-mudahan tidak begitu-malu bertanya, sesat di jalan- J). Nah untuk itu sangat diperlukan sesuatu-apalah itu- yang intinya semua data diri anak-anak SMADA ada disitu, kalau perlu sampai data pribadinya.

Kali ini kita akan belajar bagaimana membuat database SMADA. Ndak susah kok, yang penting sabar…..Dengan database itu nantinya kita dapat mencari data diri setiap anak-anak SMADA. Mulai dari namanya, alamat, nomor telepon, sampai fotonya juga.

Apa yang diperlukan?

## Niat mau bikin database – ya pasti la…-

## Kesabaran dan semangat, terutama dalam hal penulisan kode program (bahasa kerennya script).

## Sedikit kemampuan pemograman, kita tetap setia dengan VB (Visual Basic)-hidup VB-. Jadi terlebih dahulu kita harus menginstal master VB nya dulu. Minimal VB 6.

## Sedikit Pengetahuan tentang SQL.Apa kepanjangannya ya… saya lupa. Tapi kalau tidak salah SQL iu Structur Query Language.

## Cemilan untuk mengisi kebosanan, secangkir kopi kalau begadang semalaman untuk bikin database ini. Dan yang terakhir siapkan obat sakit kepala misalnya Bodrex (kayaknya promosi J), jaga-jaga kalau kita pusing mengenai kode programnya. Tapi jangan khawatir, anda tinggal nulis kok. Kodenya sudah saya siapkan.

Skenario Program

Jangan kira hanya sinetron yang punya skenario. Seorang programer (sekarang anda saya sebut begitu) haruslah menyiapkan dahulu apa-apa saja yang harus dibuat. Bagaimana tampilan grafisnya. Bagaimana juga alur-alurnya. Jangan sampai kita bikin suatu program tanpa arah yang jelas, soalnya tidak punya tujuan yang pasti. Mau bikin database malah jadinya virus komputer (nanti akan saya tulis artikel dengan judul “Proyek Virus CloneCode”, tunggu saja tinggal dikirim kok –tidak kedetek dengan Antivirus updates terakhir-, virus golongan putih, tidak merusak).

Back to basic

Yang kita akan bikin adalah database khusus untuk siswa SMADA. Jadi yang diinput hanya data anak anak SMADA dari kelas satu sampai kelas tiganya. Bukan alumni, pegawai, guru (mungkin besok-besok anda dapat kembangkan sendiri). Database itu kita namakan “Database SMADA 1.0.0). terdiri dari 4 bagian utama.

· Bagian pertama adalah master database. Bagian ini tempat menampilkan data diri, foto, fasilitas nyari dan sortirnya.

· Bagian kedua adalah Administratif tools. Bagian ini mengatur tentang User, Back Up database,Print, Updates databases, dan ain-lan.

· Bagian ketiga tentang data diri sang programer,bia di analogikan alat promosi.

· Bagian keempat adalah help prgram, berisi tutorial sederhana mengenai fungsi dari tiap-tiap menu dan tombol.

Sekarang akan saya jelaskan satu-persatu tiap tiap bagian.

MASTER DATABASE

Terdiri atas 3 bagian yaitu:

1. Tools, berisikan tombol-tombol

a. Add.Digunakan untuk menambah record atau data ke dalam Database

b. Update.Digunakan untuk mengupdate data yang telah dimasukkan atau diedit

c. Delete.Digunakan untuk menghapus record

d. Edit.Digunakan untuk mengedit data yang telah ada

e. Refresh.Digunakan untuk merefresh data

f. Petunjuk.Akan menampilkan cara penggunaan Program secara singkat

g. About.Akan menampilkan pesan dari Programer

h. Find First/Next.Digunakan untuk mencari data dalam setiap record satu persatu

i. View Search.Untuk menampilkan hasil dari pencarian yang telah dilakukan

j. Clear Search.Digunakan untuk menghapus hasil pencarian yang ditampilkan dalam View Search

k. Filter.Digunakan untuk menyaring data secara keseluruhan dari kata kunci yang Anda masukkan

l. Unfilter.Digunakan untuk mengembalikan data setelah dilakukan Filter/Penyaringan

m. Sort ASC.Digunakan untuk mengurutkan data dari yang pertama ke yang terakhir (a-z) atau (1-9) berdasarkan kriteria pengurutan

n. Sort DSC.Digunakan untuk mengurutkan data dari yang paling akhir ke yang paling awal (z-a) atau (9-1) berdasarkan kriteria pengurutan

o. Login.Digunakan untuk memulai program sesuai hak akses Anda

p. Exit.Digunakan untuk keluar dari Program Database TekPend

2. Foto, menampilkan foto untuk tiap tiap siswa (record). Berisikan tombol Edit Foto.Digunakan untuk mengedit dan memasukkan foto ke dalam record yang diedit

3. Tabel Siswa SMADA. Untuk menampilkan data setiap siswa smada dalam bentuk tabel.

Screen Shoot Databases SMADA

ADMINISTRATIF TOOLS

Terdiri dari menu-menu:

1. File

a. Login .Digunakan untuk memulai program sesuai hak akses Anda

b. Exit.Digunakan untuk keluar dari Program Database TekPend

2. Login

a. Login Manager.Digunakan untuk menambah, mengedit User, dan mengubah password User sesuai hak aksesnya

b. Edit Your Login.Digunakan untuk mengubah password Anda, Pengubahan UserName hanya dapat dilakukan oleh pengguna dengan hak akses diatas Anda

3. Tools

a. BackUp Database.Digunakan untuk membackup database, sangat bermanfaat untuk keamanan database yang telah ada

b. Restore BackUp.Digunakan untuk mengembalikan Database hasil backup

c. Create StartUp.Digunakan untuk mengeset program database pada saat komputer dinyalakan

d. Remove StartUp.Digunakan untuk menghapus set StartUp

e. Show in Desktop.Digunakan untuk menampilkan link ke Program Master Database

f. Hide ini Desktop.Digunakan untuk membatalkan set show in desktop

g. Update Master Database.Digunakan untuk mengupdate master database ke versi di atasnya

h. Change foto Empty.Digunakan untuk mengubah tampilan foto jika di record tidak terdapat foto

4. About Me. Menampilkan Pesan Programer

Screen Shoot Administratif Tools

ABOUT ME

HELP PROGRAM

Catatan:

Kita akan membagi pengguna ke dalam beberapa Level, diantaranya:

Level Guest.Hanya memiliki hak untuk melihat database, Level ini secara otomatis diaktifkan jika Anda tidak mengisi UserName dan Password pada saat Login

Level User.Memiliki hak akses untuk Memfilter, men-sort, mencari database, tetapi tidak diperkenankan untuk mengedit dan menambah database

Level Operator.Memiliki hak akses untuk menambah dan mengedit user yang ada, termasuk mengedit, mendelete record dalam database

Level Administrator.Merupakan Level Tertinggi sebagai pengguna. Memiliki hak akses untuk menambah dan mengedit Operator


Responses

  1. Mas Databse SMADA nya ok banget, boleh nga saya minta programny & source codenya, buat belajar VB nich Mas, Thank’s.

    • @ Agus, terima kasih sudah berkunjung di blog saya. Baik, akan saya share tapi databasenya sudah lama sekali, jadi saya cari dulu filenya di kompie lama saya. Silahkan tlp nomor saya untuk kasih ingat. 081 343 865 864

  2. Ikutan minta dong, source codenya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: