Posted by: Hartoto | 09/20/2008

MENANGGAPI BEBERAPA TANGGAPAN E-SKA TERHADAP SITUS RESMI SMAN 2 MAKASSAR

Smada…smada, masih saja seperti yang dulu. Menjadi pejuang tangguh dalam menunjukkan jati dirinya sebagai sekolah cerdas Indonesia-juga sekolah favorit. Perjalanan itu tidaklah mudah, hambatan, tantangan, dan kawan-kawannya selalu saja datang dan menghampirinya. Tetaplah lurus dalam visimu, tetaplah tegar dalam misimu.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk e-ska yang telah memuat review SMAdA -walaupun hanya sebagian kecil – sebagai ajang sosialisai dan komunikasi bagi siswa, alumni, dan masyarakat umum. Bayangkan saja dari beberapa sekolah di Makassar atau lebih wahnya lagi di INDONESIA hanya smada yang terpilih. Ini juga tidak lepas dari upaya Pak Romy dalam mendesain website resmi SMADA ini, sehingga tampil menarik-manipulasi keyword mungkin juga punya andil. Tidak ketinggalan SMADA yang telah berinisiatif dalam mengglobalkan dirinya (paling tidak semua orang di seluruh dunia punya kesempatan untuk melihat situs ini).

Pembicaraan tentang SmaDA memang sesuatu yang tidak ada habis-habisnya. Untuk itu tulisan ini hanya membatasi pada sesuatu yang tidak mendesak tetapi sangat penting-menurut saya. Yang saya maksudkan adalah website smada, perkembangan, peluang dan sumber dayanya kedepan. Mereka-mereka yang sama sekali hanya mengenal SMADA lewat situs ini, ataupun Alumni yang ingin mengetahui kondisi kekinian SMadA tentunya akan surfing di situs ini sebagai jalan termudah. Bukankah gambaran sementara mereka terhadap sMada sekarang ini adalah melalui informasi yang disajikan dalam situs ini. Maka yakin dan percayalah, penyempurnaan-demi penyempurnaan situs dan sumber daya smada menjadi pilar penting bagi kemajuan SmaDa itu sendiri.

–[Sekilas Tentang e-Ska FreeMgz]

e-Ska FreeMgz merupakan majalah yang dibagikan secara gratis oleh sanggar telematika. Versi perdananya diluncurkan pada bulan Juli 2007. Isi dari majalah ini sangat menarik (tapi pembahasannya tidak tuntas) dan menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi www.sekolahkami.com

–[Tanggapan e-Ska FreeMgz terhadap Situs Resmi SMAN 2 Makassar]

Ada tiga hal yang disampaikan e-ska terhadap situs ini yaitu:

1. Kurangya keterlibatan siswa dalam penulisan blog.

“…ada baiknya siswa-siswa dilibatkan untuk penulisan blog di dalamnya”

2. Website tidak mencerminkan visi sekolah.

“Navigasi yang diberikan cukup baik, tetapi arah dari pembuatan websisite tersebut hanya dapat dilihat sebagai penyedia informasi dan komunikasi saja, tidak mencerminkan visi sekolah yaitu mencerminkan Sumber Daya Manusia yang cerdas dan terampil”.

3. Tidak ada atau kurangnya keterlibatan siswa dalam pengelolaan website

Selain itu, dari segi desain grafis dan tata letak, e-ska menyoroti dua hal:

1. Fitur BLOG yang sebenarnya lebih merupakan forum.

2. Adanya beberapa fitur yang tertutupi banner.

Namun demikian e-ska memberikan point yang cukup memuaskan untuk situs ini yaitu angka 8 (salut untuk pak Romy).

–[Tanggapan Balik]

Tanggapan ini sepenuhnya pendapat dari penulis pribadi dan tidak dimaksudkan untuk mendeskritkan pihak-pihak tertentu tetapi hanya semata-mata demi pengembangan situs ini kedepan. Ada beberapa tanggapan e-ska yang penulis sepakati, namun ada pula pont-point yang sedikit berseberangan dengan pendapat penulis, tentunya dengan alas an -alasan yang akan penulis paparkan.

1. Fitur BLOG yang sebenarnya lebih merupakan forum.

Penulis tidak sependapat dengan e-ska . Menurut penulis, fungsi blog saat ini tidak lagi hanya berisi ungkapan pribadi (curhat, dll) saja tetapi mulai merambah pula kepada hal-hal yang bersifat serius, bahkan bersifat akademis dan berbau politik. Jadi tidak mengapa penamaannya tetap meggunakan istilah BLOG. Selain itu pengelola web juga telah menyediakan fasilitas khusus untuk FORUM dengan menggunakan komponen joomlaboard (sekarang fireboard).

Sehubungan dengan hal ini, penulis mengajukan beberapa usul:

a. Perlu ditambah satu kategori lagi untuk blog yakni menjadi

o Blog Siswa

o Blog Alumni

o Blog Guru

Penambahan kategori BLOG ALUMNI ini untuk memperjelas dan mengklasifikasikan artikel-artikel yang ada. Selain itu, pembagian ketegori ini juga dapat menunjukkan kelompok mana yang aktif dalam menulis artikel, juga bobotnya masing-masing.

b. Perlu adanya kesepakatan atau aturan main tentang penulisan blog/artikel. Mana yang dapat dipublikasikan dan mana yang tidak. Misalnya situs ini tidak menerima hal-hal yang berbau criminal, sara, pornografi, dan hal-hal yang dianggap melanggar agama, norma dan etika. Agar tidak terjadi lagi kasus-kasus seperti yang pernah ada

c. Diberikan keleluasaan bagi penulis artikel untuk menentukan sendiri keywordnya. Misalnya dengan membuka fasilitas metadata.

2. Adanya beberapa fitur yang tertutupi banner.

Pengelola web telah merubahnya dan meletakkannya di bawah.

3. Kurangnya keterlibatan siswa dalam penulisan blog.

Menurut pengamatan penulis, siswa smada memang kurang aktif dalam mempublish artikel mereka di web ini. Entah karena mereka malas menulis, entah karena tidak tahu menulis, atau mungkin bahkan mereka tidak tahu kalau smada sudah punya situs resmi. Penulis merasa bahwa anak smada adalah siswa-siswa yang melek teknologi, buktinya banyak diantara mereka yang memiliki friendster dan aktif menulis disana. Satu-satunmya dugaan kuat penulis adalah kurang atau tidak adanya minat mereka terhadap situs ini.

Bukankah situs ini milik kita bersama, bukan hanya milik alumni. Tapi mengapa justru merekalah yang sering menulis artikel. Ataukah siswa smada merasa tidak ada gunanya menulis di situs ini. Jika memang demikian jadilah situs ini statis dan tidak up to date. Sudah beberapa minggu ini saya seringmengunjungi situs ini sebagai guest, dengan harapan akan ada sedikit Susana baru. Tapi ternyata, artikel dan juga informasi yang ada di dalamnya masih itu-itu saja. Jika demikian, masihkah kita sepakat bahwa situs in merupakan ajang komunikasi seluruh elemen smada.

Sekarang tinggal satu kelompok lagi dan itu tidak akan dibahas sebab penulis memaklumi bahwa tugas mereka sangatlah berat dan menyita waktu. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang banyak diartikaan sebagai KURIKULUM TAK SIAP PAKAI membuat bapak dan ibu guru kita semakin sibuk dan menggunbakan tenaga ekstra. Barangkali penulis hanya bisa mengharapkan keterlibatan seluruh Bapak Ibu Guru dalam menyumbangkan ide-ide mereka melalui tulisan mereka. Seperti halnya tulisan Ibu Rosmini, S.Pd , M.Pd yang menjadi rujukan utama kami dalam salah satu penulisan makaah tentang Pembelajaran Efektif.

Budaya menulis online bukan hanya menjadi hobi ABG (baca: Anak Baru Gede) saja, tapi kini telah menjadi hoby masyarakat umum, mulai dari kepala keluarga, pengusaha, artis, guru bahkan pejabat pemerintahan.

4. Website tidak mencerminkan visi sekolah.

Penulis kurang memahami titik fokus e-ska meyoroti masalah ini juga solusi yang diberikan e-ska. Tetapi baiklah,penulis akan membahas lebih lanjut mengenai hal ini. Sangatlah susah untuk mengungkapkan kondisi real sebuah sekolah hanya melaui websitenya. Informasi yang disajikan dalam website tentu hanya informasi yang bersifat umum. Cerdas dan terampil dalam hal apa yang dimaksudkan pihak e-ska? Dalam hal pengelolaan website, kegiatan ekstra ataukah dalam bidang akaemik. Baiklah jika yang dimaksudkan adalah tentang akademik. Sejauh manakah informasi tersebut dapat mewakilinya. Tentunya tidak seberapa

Sempat terpikir oleh penulis beberapa hal, diantaranya yaitu..

a. Pengembangan Sistem belajar jarak jauh.

Sekolah dapat membuat ruang khusus tentang hal-hal yang berbau akademis meliputi kurikulum sekolah, jadwal akademik dan bahan ajar yang disajikan secara online melalui website baik dalam format pdf ataupun ppt (power point). Ruang ini menggunakan subdomain dengan alamat http://akademik.sman2mks.com . yang berpartisipasi tidak dibatasi pada siswa smada mks, tetapi juga seluruh siswa sma yang ada di Indonesia. Dan ini menjadi pilot project bagi SMA Negeri 2 Makassar. Pembuatan system ini tidak terlalu susah karena telah ada pihak yang menyediakannya, kalau tidak salah namanya moodle ( http://moodle.org/ )

b. Website Disajikan dalam 2 bahasa yaitu Inggris dan Indonesia (sesuai visi sekolah)

c. Penyajian daftar prestasi Smada agar mereka tahu segudang prestasi anak-anak smada.

5. Tidak ada atau kurangnya keterlibatan siswa dalam pengelolaan website.

Penulis tidak mengetahui sejauh mana keterlibatan siswa yang dimaksukkan e-ska. Tetapi ada benarnya juga pendapat demikian. Sebab selama ini siswa SmaDa sama sekali tidak dilibatkan dalam pengelolaan website ini (sepengetahuan penulis). Harusnya mereka dilibatkan. Meskipun demikian keterlibatan mereka perlu dibatasi hanya pada bagian-bagian tertentu saja, juga tidak pada public backend tetapi cukup pada public Frontend.

Alasan penulis karena pada kurikulum baru (KTSP) tidak terdapat kompetensi dasar mengenai pembuatan web dan pengelolaannya. Berbeda dengan kurikulum sebelumnya, yaitu KBK yang pada kelas XII semester genap memiliki kompetensi dasar sebagai berikut:

Menggunakan homepage untuk informasi dan komunikasi

Untuk itu keterlibatan siswa hanya dibatasi pada pengisian content, edit, dan lain sebagainya.

Lebih jauh tentang point ini, penulis mengajukan beberapa usul yang mudah-mudahan dapat diterima.

a. Perlunya diangkat Author, Editor, atau Publisher dari kalangan siswa.

Mereka ini ditunjuk oleh sekolah secara khusus dan bertanggung jawab menurut keahlian dan tugas mereka masing-masing. Siswa yang ditunjuk dapat berupa siswa-siswa yang memiliki kemampuan lebih seputar hal ini (karena tidak mungkin mengharapkan tingkatan berdasarkan kurikulum sebab KTSP tidak mengajarkannya) dan pengurus organisasi ekstrakurikuler.

Pengurus Organisasi yang ditunjuk ini wajib mempublikasikan kegiatan mereka setiap bulannya pada website ini-semacam laporan kegiatan. Keuntungannya adalah:

· Mendorong organisasi ekstrakurikuer untuk aktif mengadakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

· Memacu semangat menulis siswa

· Sebagai bahan evalusi sekolah terhadap aktifitas organisasi ekstrakurikuler.

· Publikasi kreatifitas anak smada ke dunia luar

· Website menjadi menarik dan tidak statis.

b. Perlu dilakukan kofirmasi dan koordinasi antara pengelola web dan pihak alumni. Alasan yang mendasarinya adalah karena banyaknya forum-forum alumni tidak resmi yang ada saat ini. Kebanyakan forum ini tertutup untuk angkatan tertentu saja. Ada baiknya jika semua forum tersebut menginduk pada domain sman2mks.com

–[Sisi Lain]

Penulis juga memiliki beberapa masukan, yaitu:

1. Perlu diadakan lomba menulis secara online di web ini secara kontinue.

Kategorinya dapat berupa Siswa, alumni, bahan guru juga dapat berpartisipasi. Temanya sesuai dengan kategorinya. Misalnya untuk kategori guru yaitu Teknik mengajar, ataupun tema- tema lain seputar profesi mereka. Ada satu tema yang penulis usulkan yaitu

Peningkatan Kualitas Akademik SMAN2 Makassar

Masalah yang dibahas dapat meliputi sebab-sebab turunnya prestasi smada belakangan ini dan solusi yang diberikan, dapat juga berupa ide tentang smada kedepan. Tema ini dapat diikuti oleh tiga kelompok sekaligus ( siswa, alumni, dan guru smada). Kepanitiannya dibentuk secara khusus oleh pihak sekolah, termasuk hal-hal yang bersifat teknis. Jurinya dapat diangkat dari guru-guru smada yang memiliki pengalaman menulis dan berwewenang dalam hal ini (baca: akademis). Dan tentunya sebagai juri kepala penulis usulkan adalah Bapak Hamzah Zaidin karena selain beliau memiliki pengalaman menulis, beliau juga menjabat sebagai wakil kepala sekolah bagian kesiswaan.

Adapun sasaran kegiatan ini adalah:

a. Memacu budaya menulis siswa, alumni, dan guru

b. Menggali ide-ide cemerlang tentang peningkatan kualitas SMAN 2 Makassar.

c. Membuplikasikan ide-ide tersebut pada dunia luar.

2. Perpustakaan online baik berupa resensi buku atau hal-hal lain yang sehubungan dengan hal ini.

3. Mengurangi ketergantungan pengelolaan website terhadap pihak luar.

Ini berarti perlu ada pihak intern smada yang bertugas mengelola website secara penuh. Pihak tersebut penulis sarankan adalah guru-guru TIK. Tertapi perlu diingat bahwa mereka bekerja tidak hanya mengorbankan waktu, tetapi juga tenaga dan pikiran sehingga perlu dihargai baik secara materil maupun nonmateril. Saya tidak sarankan pengelolaan website ini ditangani secara pribadi oleh siswa. Hal ini disebabkan karena mereka (siswa) hanya berada di smada selama 3 (tiga) tahun sehingga akan selalu berpindah-pindah tangan. Alumni juga dapat dilibatkan secara penuh. Jadi ringkasnya perlu dibentuk tim khusus pengelola web baik dari kalangan siswa, Alumni, maupun guru. Pengangkatannya melalui sk kepala sekolah dan mereka bekerja selama periode tertentu. Hal ini selain dapat mengurangi pengeluaran sekolah juga dapat meningkatkan kualitas SDM SMAN2 Makassar.

4. Adanya fasilitas email dengan domain sman2mks.com dan terbuka untuk seluruh elemen smada. Misalnya alamat email saya adalah hartoto@sman2mks.com. Hal ini telah dilakukan juga oleh beberapa situs universitas di Indonesia.

5. Membuat lagi beberapa sub domain.

a. http://mail.sman2mks.com untuk email

b. http://forum.sman2mks.com untuk forum

c. http://akademik.sman2mks.com untuk sekoah jarak jauh

d. http://alumni.sman2mks.com khusus untuk forum alumni

6. Menambahkan fasilitas download.

Software yang diupload tentunya software yang legal dan berkaitan dengan apa-apa yang menunjang peningkatan aademik (educational tools)

7. Menambahkan beberapa komponen web seperti:

a. Komponen data siswa.

Penulis sempat berkomunikasi melaui email kepada sang empunya dan beliau sangat senang dan memberikan izin untuk menggunakan komponen ini. Bahkan beliau mengharapkan kerjasamanya dalam pengembangan komponen ini kedepan.

b. Docman atau remository untuk penanganan download

8. Merapikan tampilan web, update terakhir web ini terkesan berantakan dan menghilangkan bagian visi misinya.

9. Menambah Bandwith

10. Menghilangkan foto-foto pada tampilan awal web (homepages) karena hanya akan memberatkan website.

–[Penutup]

Demikianlah pandangan penulis terhadap beberapa tanggapan e-ska mengenai situs ini juga beberapa saran terhadap smada. Penulis berharap mudah-mudahan tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama SMAN2 Makassar sendiri. Sekali lagi penulis tegaskan bahwa artikel ini tidak untuk mendeskritkan pihak-pihak tertentu tetapi hanya semata-mata demi pengembangan website ini dan SMADA kedepan. Tanggapan balik sangat penulis harapkan, agar semakin terbukalah ide- ide brilian yang cerdas demi kemajuan smada.

Author : Hartoto

Subject : Menanggapi beberapa Tanggapan e-ska terhadap Situs resmi SMAN 2 Makassar

Email : fatamorghana_02@yahoo.com

Blog   : https://fatamorghana.wordpress.com

Revisi : 3, Kamis, 25 Oktober 2007


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: