Posted by: Hartoto | 03/20/2008

Membuat Background Folder Sesuai Wallpaper Desktop

Artikel ini sebenarnya tambahan adari artikel sebelumnya yang berjudul ‘Membuat Flasdisk Aman dan Tampil Menarik’. namun demikian, artikel ini hanya dibatasi pada pembuatan syle walpaper flashdisk/folder. Dalam artikel sebelumnya, wallpaper flashdisk telah ditentukan sehingga tidak dapat dberubah kecuali diganti secara manual. Nah sekarang kita akan merubah kode tersebut agar backgroung flashdisk/folder dapat terganti secara otomatis, sesuai wallpaper di komputer tempat flashdisk itu dimasukkan.

LOGIKA KERJA
Setiap kali kta mengganti wallpaper desktop, windows akan mengkopikan file gambar tersebut ke [%USERPROFILE%\Local Settings\Application Data\Microsoft\Wallpaper1.bmp]. Perhatikan baik-baik:
> [%USERPROFILE%] merupakan alamat relatif dari [C:\Documents and Settings\Hartoto] jika windws di instal di [C:\] dan nama user-nya [Hartoto]. Jika anda menginstal windows di [D:\] dengan nama user [tekpend] maka [%USERPROFILE%] sama dengan [D:\Documents and Settings\tekpend]
> [Wallpaper1.bmp] adalah file gambar yang digunakan sebagai wallpaper. namanya otomatis digantikan windows menjadi [Wallpaper1.bmp]. Meskipun file gambar yang akan kita jadikan wallpaper bernama [smada.jpg], tetap akan menjadi [Wallpaper1.bmp]. Intinya semua nama dan format gambar akan dirubah dengan nama [Wallpaper1.bmp].

LANGKAH KERJA
Langkah pertama membuat file dengan nama ‘desktop.ini'(sudah tahukan caranya). Setelah itu tuliskan kode di bawah ini:

[ExtShellFolderViews]
{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}={BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}
[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]
Attributes=1
IconArea_Image=%USERPROFILE%\Local Settings\Application Data\Microsoft\Wallpaper1.bmp
[.ShellClassInfo]
ConfirmFileOp=0
IconArea_Text=0x0040FF00

‘Created by Hartoto [fatamorghana_02@yahoo.com]
‘CopyLeft (c) 2008 Fatamorghana
‘Visit http://www.fatamorghana.wordpress.com

Penjelasan:

–//IconArea_Image=
Diisi dengan alamat gambar yang akan kita jadikan background. Seperti halnya ‘PersistMoniker’, bagian inipun dapat kita isi dengan ‘relative path’ atau ‘absolute path’. Absolut path adalah alamat yang tidak akan berubah dalam kondisi apapun sedangkan relative path adalah alamat yang sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung keaadaannya.

Contoh: [IconArea_Image=C:\WINDOWS\winnt.bmp], alamat ini merupakan alamat yang bersifat absolut karena bagaimanapun juga gambar yang akan ditampilkan adalah gambar yang berada di [C:\WINDOWS\] dengan nama file [winnt.bmp]. Gambar yang akan ditampilkan tidak akan berubah meskipun file ‘desktop.ini’ kita pindah di tempat lain. Dianalogikan seperti ini: Si A bertanya tentang alamat sekolah kamu lalu kamu jawab “sekolah saya terletak di Jln. Baji gau III No.17 Makassar”. Maka si A ini mengetahui alamat sekolah kamu secara pasti. Meskipun dia mencari dari Jakarta atau bahkan dari planet lain sekalipun. Dia akan dapat menemukan alamat sekoah kamu. Tapi jika anda menjawab “sekolah saya dari jalan raya belok ke kiri, di lorong kedua belok kiri lagi, dan jalan terus sampai kamu dapat pagar tinggi warna coklat dan bertuliskan SMADA”.

Jawaban terakhir itu merupakan alamat relatif. Si A akan mendapatkan sekolah anda jika ia berada di jalan cendrawasih di sekitar baji gau. Bagaimana jadinya jika si A berada di jalan petterani. Meskipun dia sudah mengikuti petunjuk anda (belok ke kiri, di lorong kedua belok kiri lagi, dan jalan terus) ia tidak akan mendapatkan SMADA karena sekolah ini ada di baji gau. Apalagi jika si A bertanya dari Bone, saya yakin ia idak akan mendapatkan alamat sekolah anda.

Sekarang tahukan mana yang absolut dan bagaimana yang relatif. Baik kita lanjutkan. Untuk flashdisk biasanya kita memiliki selera sendiri misalnya gambarnya Tukul Arwana. Kita tentu tahu tidak semua gambar langka itu ada di setiap komputer, makanya kita harus menggunakan alamat relatif. caranya kita letakkan file gambar tersebut di flashdisk yang akan kita permak. Bisa diluar atau di dalam folder. Jangan sekali-kali menulis alamatnya dengan mengikutkan drive dimana gambar tersebut berada. Contoh lagi: misalnya komputer anda memiliki 5 drive
 Drive A untuk disket
 Drive C untuk sistem
 Drive D untuk data
 Drive E merupakan CD rom
 Drive F merupakan flashdisk
Maka jika anda meletakkan file gambar (misalnya namanya tukul.bmp) maka alamatnya jangan ditulis [F:\tukul.bmp] tetapi cukup [tukul.bmp]. Jika gambar fans anda itu ada di dalam folder [variasi\fansku] maka penulisannya jangan [F:\Variasi\fasku\tukul.bmp] tetapi cukup [Variasi\fasku\tukul.bmp]. Hal tersebut dlakukan agar alamat file gambar anda tetap merujuk pada alamat yang benar. Jika alamat yang anda tulisakan lengkap (misalnya F:\Variasi\fasku\tukul.bmp) ini akan menjadi absolut path yang akan salah jika anda buka flashdisk anda di komputer lain yang flashdisknya di drive bukan F (misalnya flashdisk di kompi lain di D, E, G, atau yang lain).

Catatan: untuk kasus ini kita tidak mempersoalkan gambar apa yang dijadikan backround karena kita menggunakan alamat relatif gambar wallpaper windows pada komputer tempat flashdisk berada.

–//IconArea_Text
Diisi dengan warna tulisan folder yang kita inginkan.
Merah = 0x000000FF
Kuning = 0x0000FFFF
Hijau = 0x0000FF00
Biru = 0x00FF0000
Putih = 0x00FFFFFF
Dan masih banyak warna lainnya. Anda tinggal memilih warna text dengan warna kesukaan anda dan mengkonversinya menjadi seperti bentuk diatas.Kalau anda merasa susah dan menurut anda kurang praktis maka akan saya kirimkan toolsnya ke alamat email anda. Anda juga bisa mendapatkan bilangan heksa warna dari aplikasid desain grafis atau web yang anda miliki.
CATATAN: CARA INI JUGA BERLAKU UNTUK SEMUA FOLDER


Responses

  1. ass…saya sementara download antivirus AVG & kaspersky! anda sedang download apa? AVG yang diambil itu yang IAVI: / 1454 yah? atau yang diatasnya lagi?

  2. ndak usah mam, sudah say donlod semuanya. tinggal MC Afee belum.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: