Posted by: Hartoto | 07/12/2008

Bab III Landasan dan Asas-Asas Pendidikan serta Penerapannya

Pendidikan sebagai usaha sadar yang sistematis-sistemik selalu bertolak darisejumlah landasan serta pengindahan sejumlah asas-asas tertentu. Landasan dan asas tersebut sangat penting, karena pendidikan merupakan pilar utama terhadap perkembangan manusia dan masyarakat bangsa tertentu. Beberapa landasan pendidikan tersebut adalah landasan filosofis, sosiologis, dan kultural, yang sangat memegang peranan penting dalam menentukan tujuan pendidikan. Selanjutnya landasan ilmiah dan teknologi akan mendorong pendidikan untuk mnjemput masa depan.

Bab III ini akan memusatkan paparan dalam berbagai landasan dan asas pendidikan, serta beberapa hal yang berkaitan dengan penerapannya. Landasan-landasan pendidikan tersebut adalah filosofis, kultural, psikologis, serta ilmiah dan teknologi. Sedangkan asas yang dikalia adalah asas Tut Wuri Handayani, belajar sepanjang hayat, kemandirian dalam belajar.

A.    LANDASAN PENDIDIKAN

1.     Landasan Filososfis

a.   Pengertian Landasan Filosofis

Landasan filosofis bersumber dari pandangan-pandanagan dalam filsafat pendidikan, meyangkut keyakianan terhadap hakekat manusia, keyakinan tentang sumber nilai, hakekat pengetahuan, dan tentang kehidupan yang lebih baik dijalankan. Aliran filsafat yang kita kenal sampai saat ini adalah Idealisme, Realisme, Perenialisme, Esensialisme, Pragmatisme dan Progresivisme dan Ekstensialisme

1.     ­Esensialisme

Esensialisme adalah mashab pendidikan yang mengutamakan pelajaran teoretik (liberal arts) atau bahan ajar esensial.

 

2.     Perenialisme

Perensialisme adalah aliran pendidikan yang megutamakan bahan ajaran konstan (perenial) yakni kebenaran, keindahan, cinta kepada kebaikan universal.

3.     Pragmatisme dan Progresifme

Prakmatisme adalah aliran filsafat yang memandang segala sesuatu dari nilai kegunaan praktis, di bidang pendidikan, aliran ini melahirkan progresivisme yang menentang pendidikan tradisional.

4.     Rekonstruksionisme

Rekonstruksionisme adalah mazhab filsafat pendidikan yang menempatkan sekolah/lembaga pendidikan sebagai pelopor perubahan masyarakat.

b.   Pancasila sebagai Landasan Filosofis Sistem Pendidkan Nasional

Pasal 2 UU RI No.2 Tahun 1989 menetapkan bahwa pendidikan nasional berdasarkan pancasila dan UUD 1945. sedangkan Ketetapan MPR RI No. II/MPR/1978 tentang P4 menegaskan pula bahwa Pancasila adalah jiwa seluruh rakyat indonesia, kepribadian bangsa Indonesia, pandangan hidup bangsa Indonesia, dan dasar negara Indonesia.

 

2.     Landasan Sosiolagis

a.   ­Pengertian Landasan Sosiologis

Dasar sosiolagis berkenaan dengan perkembangan, kebutuhan dan karakteristik masayarakat.Sosiologi pendidikan merupakan analisi ilmiah tentang proses sosial dan pola-pola interaksi sosial di dalam sistem pendidikan. Ruang lingkup yang dipelajari oleh sosiolagi  pendidikan meliputi empat bidang:

1.     Hubungan sistem pendidikan dengan aspek masyarakat lain.

2.     hubunan kemanusiaan.

3.     Pengaruh sekolah pada perilaku anggotanya.

4.     Sekolah dalam komunitas,yang mempelajari pola interaksi antara sekolah dengan kelompok sosial lain di dalam komunitasnya.

b.   Masyarakat indonesia sebagai Landasan Sosiologis Sistem Pendidikan Nasional

Perkembangan masyarakat Indonesia dari masa ke masa telah mempengaruhi sistem pendidikan nasional. Hal tersebut sangatlah wajar, mengingat kebutuhan akan pendidikan semakin meningkat dan komplek.

Berbagai upaya pemerintah telah dilakukan untuk menyesuaikan pendidikan dengan perkembangan masyarakat terutama dalam hal menumbuhkembangkan KeBhineka tunggal Ika-an, baik melalui kegiatan jalur sekolah (umpamanya dengan pelajaran PPKn, Sejarah Perjuangan Bangsa, dan muatan lokal), maupun jalur pendidikan luar sekolah (penataran P4, pemasyarakatan P4 nonpenataran)

3.     Landasan Kultural

a.   Pengertian Landasan Kultural

Kebudayaan dan pendidikan mempunyai hubungan timbal balik, sebab kebudayaan dapat dilestarikan/ dikembangkan dengan jalur mewariskan kebudayaan dari generasi ke generasi penerus dengan jalan pendidikan, baiksecara formal maupun informal.

Anggota masyarakat berusaha melakukan perubahan-perubahan yang sesuai denga perkembangan zaman sehingga terbentuklah pola tingkah laku, nlai-nilai, dan norma-norma baru sesuai dengan tuntutan masyarakat. Usaha-usaha menuju pola-pola ini disebut transformasi kebudayaan. Lembaga sosial yang lazim digunakan sebagai alat transmisi dan transformasi kebudayaan adalah lembaga pendidikan, utamanya sekolah dan keluarga.

b.   Kebudayaan sebagai Landasan Sistem Pendidkan Nasional

Pelestarian dan pengembangan kekayaan yang unik di setiap daerah itu melalui upaya pendidikan sebagai wujud dari kebineka tunggal ikaan masyarakat dan bangsa Indonesia. Hal ini harsulah dilaksanakan dalam kerangka pemantapan kesatuan dan persatuan bangsa dan negara indonesia sebagai sisi ketunggal-ikaan.

4.     Landasan Psikologis

a.   Pengertian Landasan Filosofis

Dasar psikologis berkaitan dengan prinsip-prinsip belajar dan perkembangan anak. Pemahaman etrhadap peserta didik, utamanya yang berkaitan dengan aspek kejiwaan merupakan salah satu kunci keberhasilan pendidikan. Oleh karena itu, hasil kajian dan penemuan psikologis sangat diperlukan penerapannya dalam bidang pendidikan.

Sebagai implikasinya pendidik tidak mungkin memperlakukan sama kepada setiap peserta didik, sekalipun mereka memiliki kesamaan. Penyusunan kurikulum perlu berhati-hati dalam menentukan jenjang pengalaman belajar yang akan dijadikan garis-garis besar pengajaran serta tingkat kerincian bahan belajar yang digariskan.

b.   Perkembangan Peserta Didik sebagai Landasan Psikologis

Pemahaman tumbuh kembang manusia sangat penting sebagai bekal dasar untuk memahami peserta didik dan menemukan keputusan dan atau tindakan yang tepat dalam membantu proses tumbuh kembang itu secara efektif dan efisien.

5.     Landasan Ilmiah dan Teknologis

a.   Pengertian Landasan IPTEK

Kebutuhan pendidikan yang mendesak cenderung memaksa tenaga pendidik untuk mengadopsinya teknologi dari berbagai bidang teknologi ke  dalam penyelenggaraan pendidikan. Pendidikan yang berkaitan erat dengan proses penyaluran pengetahuan haruslah mendapat perhatian yang proporsional dalam bahan ajaran, dengan demikian pendidikan bukan hanya berperan dalam pewarisan IPTEK tetapi juga ikut menyiapkan manusia yang sadar IPTEK dan calon pakar IPTEK itu. Selanjutnya pendidikan akan dapat mewujudkan fungsinya dalam pelestarian dan pengembangan iptek tersebut.

b.   Perkembangan IPTEK sebagai Landasan Ilmiah

Iptek merupakan salah satu hasil pemikiran manusia untuk mencapai kehidupan yang lebih baik, yang dimualai pada permulaan kehidupan manusia. Lembaga pendidikan, utamanya pendidikan jalur sekolah harus mampu mengakomodasi dan mengantisipasi perkembangan iptek. Bahan ajar sejogjanya hasil perkembangan iptek mutahir, baik yang berkaitan dengan hasil perolehan informasi maupun cara memproleh informasi itu dan manfaatnya bagi masyarakat

B.    ASAS-ASAS POKOK PENDIDIKAN

Asas pendidikan merupakan sesuatu kebenaran yang menjadi dasar atau tumpuan berpikir, baik pada tahap perancangan maupun pelaksanaan pendidikan. Khusu s di Indonesia, terdapat beberapa asas pendidikan yang memberi arah dalam merancang dan melaksanakan pendidikan itu. Diantara  asas tersebut adalah Asas Tut Wuri Handayani, Asas Belajar Sepanjang Hayat, dan asas Kemandirian dalam belajar.

1.     Asas Tut Wuri Handayani

Sebagai asas pertama, tut wuri handayani merupakan inti dari sitem Among perguruan. Asas yang dikumandangkan oleh Ki Hajar Dwantara ini kemudian dikembangkan oleh Drs. R.M.P. Sostrokartono dengan menambahkan dua semboyan lagi, yaitu Ing Ngarso Sung Sung Tulodo dan Ing Madyo Mangun Karso.

Kini ketiga semboyan tersebut telah menyatu menjadi satu kesatuan asas yaitu:

Ø      Ing Ngarso Sung Tulodo ( jika di depan memberi contoh)

Ø      Ing Madyo Mangun Karso (jika ditengah-tengah memberi dukungan dan semangat)

Ø      Tut Wuri Handayani (jika di belakang memberi dorongan)

2.     Asas Belajar Sepanjang Hayat

Asas belajar sepanjang hayat (life long learning) merupakan sudut pandang dari sisi lain terhadap pendidikan seumur hidup (life long education). Kurikulum yang dapat meracang dan diimplementasikan dengan memperhatikan dua dimensi yaitu dimensi vertikal dan horisontal.

Ø      Dimensi vertikal dari kurikulum sekolah meliputi keterkaitan dan kesinambungan antar tingkatan persekolahan dan keterkaitan dengan kehidupan peserta didik di masa depan.

Ø      Dimensi horisontal dari kurikulum sekolah yaitu katerkaitan antara pengalaman belajar di sekolah dengan pengalaman di luar sekolah.

3.     Asas Kemandirian dalam Belajar

Dalam kegiatan belajar mengajar, sedini mungkin dikembangkan kemandirian dalam belajar itu dengan menghindari campur tangan guru, namun guru selalu suiap untuk ulur tangan bila diperlukan.

Perwujudan asas kemandirian dalam belajar akan menempatkan guru dalamperan utama sebagai fasilitator dan motifator. Salah satu pendekatan yang memberikan peluang dalam melatih kemandirian belajar peserta didik adalah sitem CBSA (Cara Belajar Siwa Aktif).

 

 

Sumber Bacaan: Tirtarahardja, Umar dan S.L. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Download Versi Microsoft Office Word: Bab II Landasan dan Asas-Asas Pendidikan serta Penerapannya


Responses

  1. Terimakasih ……..Ass.

  2. Walaikum salam

  3. makasih ya …. membantu saya selesaikan tugas landasan ilmiah. thanxxxxxxxxxx

    • Sama-sama

  4. terima kasih 🙂

    • Sama sama

  5. landasan yuridis dan politisnya mana???

    • Maaf, belum saya kasih masuk

      • salm kenel ya

      • @ Sandy
        Salam kenal juga, bisa cantumkan nama blognya

  6. makasih jadi tugas kuliah jdi gampang

    • Sama-sama. Salam kenal

  7. trima ksh…tgs lndasan pndi2kn jd lncar…mf klo yg aliran Realisme pngrtiany g d cntumin y??
    skali lg trma ksh..

  8. Yang saya cantumkan di atas adalah aliran-aliran pokoknya. Adapun realisme sudah sangat jelas. dan saya akan membuatkan judul tersendirinya nanti.

  9. makacih ya udah bikintugas ku kelar. . . . . . . .
    salam kenal??????
    by………………

    • Sama-sama. Salam kenl

  10. makasih bgt,
    mnta do’anya mga tugaz lancar ……………………
    amiin

    • Amin.

  11. mkcY ea,,.
    ud nGbantu NceD nyLsain tgaZ.,

    • Terima kasih telah bersedia mampir di blog saya

  12. kpn biasa nya anda tidak sibuk, soal nya ada yg ingin sya tanyakan pjg-lbr…..
    ttg bab 3 ini….
    soal nya saya agak kbgungan.

  13. makasih makasih you have helped me

    • Sama-sama. senang bisa membantu

  14. makasiih ya,pak hartoto
    tugas saya jadi selesai karena adanya tulisan bapak…

    • Senang bisa membantu, yang penting jangan di copas

  15. ass,,,,makasih y?!

    • Walaikum Salam warahmatullahi Wabarakatuh
      Terima kasih sudah berkunjung di blog saya

  16. pak minta izin copy untuk buat bahan tugas kuliah…terima kasih

    • Silahkan. Asal disebutkan nama penulis dan url sumbernya

  17. mf y pak, qu bingung ne cari tentang PENERAPAN ASAS-ASAS PENDIDIKAN DISEKOLAH DAN DILUAR SEKOLAH, Tolong y pak. thanks sebelumx.

    • Asas itu sesuatu yang menjiwai pelaksanaan sesuatu. Silahkan telaah lagi artikel tersebut, kemudian kaitkan dengan konteksnya di sekolah. Maka kan uyun dapatkan.

  18. 5f pak, saya mau tanya, mengapa kemandirian dalam belajar yang sesuai dengan asas kemandirian tidak mengurangi peran seorang guru. Mhon alasannya ya pak, thanks,,,!

  19. thanks atas tulisannya.tulisan bpak sngat membntu..saya izin copy untuk referensi tugas

    • @ sam Asmin
      silahkan di copy, asal tetap dicantumkan nama penulis dan url sumbernya

  20. thanks atas tulisannya

  21. terima kasih atas paparan nya,, jadi nya ngerjain tugas makin mudah,,

    • @ Tri Munandar

      Sama-sama

  22. landasan fragmatismenya dong, pengen tau nih hehe

  23. thanks atas artklx

  24. Terimakasih pak buat sajian materinya karena ini sangat diperlukan dalam pengumpulan tugas salah satu mata kuliah.

  25. Ass SaLam kNL ea?

    BUat…pk/mz hartoto,,dg bløg’y~tugskU jd cpEt kElar….thaNks beFørE.

  26. mksh ya..tgs makalah saya bs selesai gr2 bahan anda

  27. Assalamkm, ma kasih banyak. lw gitu bs dong bantuin aq bwt mnyelesaiin skripsi nanti.mau kan bantuin????….

  28. thank’ udah bantuin aku tentang landasn pendidikan berkat itu tugasq jadi kelar mua nich

    • sama-sama. yang penting jangan copas

  29. makasih kk buwat informasinya…… 🙂

  30. thanks pak, tulisan bp memberikan tambahan wawasan tuk article saya. salam kenal pak

    • @ Anom, sama-sama. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya

  31. thank yach infonya.ini sangat membantu sy.

    • @ Ratna, sama-sama. salam sukses

  32. salam kenal …

    trim sbelumnya ..

    nack UNM Y??

    • @ Uilia Ramadhani, iya. salam kenal. saya dari kampus orange (UNM). Aulia dari mana?

      • sama ku maba di UNM (kampus orange) juga …

  33. sama ku maba di UNM (kampus orange) juga …

    • @ Aulia, Jurusan apa dek?

      • jurusan paud kk …

        qt udh alumni mq ..??

  34. syukron trimakasih mhon izin

  35. landasan formal itu apa?

  36. MAKASIH………. OH YA UNTUK PENGERTIAN PENDIDIKANNYA ADA GA??

  37. Bab III Landasan dan Asas-Asas Pendidikan serta Penerapannya

  38. bermanfaat untuk saya

  39. terima kasih, berkat tulisan anda tugas saya selesai……

    • @ gugun. sama-sama

  40. […] fatamorgana […]

  41. makasih ya tas bantuan nya…!! 🙂

    • @Roza, sama-sama

  42. sangat membantu mata kuliah saya akhir2 ini, teruslah berkarya kawan. minta izin untuk dicopy.

  43. trmakasih…mau tanya. .legalistik/hukum kok tdak ada. ?

  44. terimakasih sudah membantu tugas saya.. semoga menjadi amal solehnya

  45. @ Sri. sama-sama

  46. izin copas gan…. bermanfaat banget blog ni.

  47. syukron atas pendidikan yg saudara paprkan di website ini,semoga bermanfaat bagi kami dan terutama bagi penulis..amin…………

  48. ass,q mnt izin tuk copy,trimakasih tlah membantu tgas2 q,,

  49. terima kasih sdh membantu

  50. bissa…

  51. trimaksih, ini sangat membantu tugas kuliah saya.

  52. […] landasan dan asas-asas pendidikan serta penerapannya. [serial on line]. https://fatamorghana.wordpress.com/2008/07/12/bab-iii-landasan-dan-asas-asas-pendidikan-serta-penerap… Oktober […]

    • @ acehmillano. ok

  53. Ass pak saya mau tanya apakah kemandirian dalam belajar tidak mengurangi oeran guru?

  54. […] landasan dan asas-asas pendidikan serta penerapannya. [serial on line]. https://fatamorghana.wordpress.com/2008/07/12/bab-iii-landasan-dan-asas-asas-pendidikan-serta-penerap… Oktober […]

  55. konsep dasar dan tujuan dari asas asas pendidikan itu apa aja pa?,soalnya penjelasan diatas tidak ada

    • Ada perbedaan antara landasan dan asas… asas adalah sesuatu yg menjiwai, yg menyertai. Smentara landasan dijadikan pijakan, arah kemana harus melangkah.

      Asas pendidikan sangat penting karena tanpa asas2 itu, pendidikan seperti tak memiliki arti/makna. Belajar sepanjang hayat, kmandirian, karakter adalah bagian dari pendidikan itucsendiri

  56. […] landasan dan asas-asas pendidikan serta penerapannya. [serial on line]. https://fatamorghana.wordpress.com/2008/07/12/bab-iii-landasan-dan-asas-asas-pendidikan-serta-penerap… Oktober […]

  57. Makasih ya, tugas makalahnya jdi kebantu gra” ini

  58. […] https://fatamorghana.wordpress.com/2008/07/12/bab-iii-landasan-dan-asas-asas-pendidikan-serta-penerap… […]

  59. izin salin ya🙏


Leave a reply to Hartoto Cancel reply

Categories