Pendidikan sebagai usaha sadar yang sistematis-sistemik selalu bertolak darisejumlah landasan serta pengindahan sejumlah asas-asas tertentu. Landasan dan asas tersebut sangat penting, karena pendidikan merupakan pilar utama terhadap perkembangan manusia dan masyarakat bangsa tertentu. Beberapa landasan pendidikan tersebut adalah landasan filosofis, sosiologis, dan kultural, yang sangat memegang peranan penting dalam menentukan tujuan pendidikan. Selanjutnya landasan ilmiah dan teknologi akan mendorong pendidikan untuk mnjemput masa depan.
Bab III ini akan memusatkan paparan dalam berbagai landasan dan asas pendidikan, serta beberapa hal yang berkaitan dengan penerapannya. Landasan-landasan pendidikan tersebut adalah filosofis, kultural, psikologis, serta ilmiah dan teknologi. Sedangkan asas yang dikalia adalah asas Tut Wuri Handayani, belajar sepanjang hayat, kemandirian dalam belajar.
A. LANDASAN PENDIDIKAN
1. Landasan Filososfis
a. Pengertian Landasan Filosofis
Landasan filosofis bersumber dari pandangan-pandanagan dalam filsafat pendidikan, meyangkut keyakianan terhadap hakekat manusia, keyakinan tentang sumber nilai, hakekat pengetahuan, dan tentang kehidupan yang lebih baik dijalankan. Aliran filsafat yang kita kenal sampai saat ini adalah Idealisme, Realisme, Perenialisme, Esensialisme, Pragmatisme dan Progresivisme dan Ekstensialisme
1. Esensialisme
Esensialisme adalah mashab pendidikan yang mengutamakan pelajaran teoretik (liberal arts) atau bahan ajar esensial.
2. Perenialisme
Perensialisme adalah aliran pendidikan yang megutamakan bahan ajaran konstan (perenial) yakni kebenaran, keindahan, cinta kepada kebaikan universal.
3. Pragmatisme dan Progresifme
Prakmatisme adalah aliran filsafat yang memandang segala sesuatu dari nilai kegunaan praktis, di bidang pendidikan, aliran ini melahirkan progresivisme yang menentang pendidikan tradisional.
4. Rekonstruksionisme
Rekonstruksionisme adalah mazhab filsafat pendidikan yang menempatkan sekolah/lembaga pendidikan sebagai pelopor perubahan masyarakat.
b. Pancasila sebagai Landasan Filosofis Sistem Pendidkan Nasional
Pasal 2 UU RI No.2 Tahun 1989 menetapkan bahwa pendidikan nasional berdasarkan pancasila dan UUD 1945. sedangkan Ketetapan MPR RI No. II/MPR/1978 tentang P4 menegaskan pula bahwa Pancasila adalah jiwa seluruh rakyat indonesia, kepribadian bangsa Indonesia, pandangan hidup bangsa Indonesia, dan dasar negara Indonesia.
2. Landasan Sosiolagis
a. Pengertian Landasan Sosiologis
Dasar sosiolagis berkenaan dengan perkembangan, kebutuhan dan karakteristik masayarakat.Sosiologi pendidikan merupakan analisi ilmiah tentang proses sosial dan pola-pola interaksi sosial di dalam sistem pendidikan. Ruang lingkup yang dipelajari oleh sosiolagi pendidikan meliputi empat bidang:
1. Hubungan sistem pendidikan dengan aspek masyarakat lain.
2. hubunan kemanusiaan.
3. Pengaruh sekolah pada perilaku anggotanya.
4. Sekolah dalam komunitas,yang mempelajari pola interaksi antara sekolah dengan kelompok sosial lain di dalam komunitasnya.
b. Masyarakat indonesia sebagai Landasan Sosiologis Sistem Pendidikan Nasional
Perkembangan masyarakat Indonesia dari masa ke masa telah mempengaruhi sistem pendidikan nasional. Hal tersebut sangatlah wajar, mengingat kebutuhan akan pendidikan semakin meningkat dan komplek.
Berbagai upaya pemerintah telah dilakukan untuk menyesuaikan pendidikan dengan perkembangan masyarakat terutama dalam hal menumbuhkembangkan KeBhineka tunggal Ika-an, baik melalui kegiatan jalur sekolah (umpamanya dengan pelajaran PPKn, Sejarah Perjuangan Bangsa, dan muatan lokal), maupun jalur pendidikan luar sekolah (penataran P4, pemasyarakatan P4 nonpenataran)
3. Landasan Kultural
a. Pengertian Landasan Kultural
Kebudayaan dan pendidikan mempunyai hubungan timbal balik, sebab kebudayaan dapat dilestarikan/ dikembangkan dengan jalur mewariskan kebudayaan dari generasi ke generasi penerus dengan jalan pendidikan, baiksecara formal maupun informal.
Anggota masyarakat berusaha melakukan perubahan-perubahan yang sesuai denga perkembangan zaman sehingga terbentuklah pola tingkah laku, nlai-nilai, dan norma-norma baru sesuai dengan tuntutan masyarakat. Usaha-usaha menuju pola-pola ini disebut transformasi kebudayaan. Lembaga sosial yang lazim digunakan sebagai alat transmisi dan transformasi kebudayaan adalah lembaga pendidikan, utamanya sekolah dan keluarga.
b. Kebudayaan sebagai Landasan Sistem Pendidkan Nasional
Pelestarian dan pengembangan kekayaan yang unik di setiap daerah itu melalui upaya pendidikan sebagai wujud dari kebineka tunggal ikaan masyarakat dan bangsa Indonesia. Hal ini harsulah dilaksanakan dalam kerangka pemantapan kesatuan dan persatuan bangsa dan negara indonesia sebagai sisi ketunggal-ikaan.
4. Landasan Psikologis
a. Pengertian Landasan Filosofis
Dasar psikologis berkaitan dengan prinsip-prinsip belajar dan perkembangan anak. Pemahaman etrhadap peserta didik, utamanya yang berkaitan dengan aspek kejiwaan merupakan salah satu kunci keberhasilan pendidikan. Oleh karena itu, hasil kajian dan penemuan psikologis sangat diperlukan penerapannya dalam bidang pendidikan.
Sebagai implikasinya pendidik tidak mungkin memperlakukan sama kepada setiap peserta didik, sekalipun mereka memiliki kesamaan. Penyusunan kurikulum perlu berhati-hati dalam menentukan jenjang pengalaman belajar yang akan dijadikan garis-garis besar pengajaran serta tingkat kerincian bahan belajar yang digariskan.
b. Perkembangan Peserta Didik sebagai Landasan Psikologis
Pemahaman tumbuh kembang manusia sangat penting sebagai bekal dasar untuk memahami peserta didik dan menemukan keputusan dan atau tindakan yang tepat dalam membantu proses tumbuh kembang itu secara efektif dan efisien.
5. Landasan Ilmiah dan Teknologis
a. Pengertian Landasan IPTEK
Kebutuhan pendidikan yang mendesak cenderung memaksa tenaga pendidik untuk mengadopsinya teknologi dari berbagai bidang teknologi ke dalam penyelenggaraan pendidikan. Pendidikan yang berkaitan erat dengan proses penyaluran pengetahuan haruslah mendapat perhatian yang proporsional dalam bahan ajaran, dengan demikian pendidikan bukan hanya berperan dalam pewarisan IPTEK tetapi juga ikut menyiapkan manusia yang sadar IPTEK dan calon pakar IPTEK itu. Selanjutnya pendidikan akan dapat mewujudkan fungsinya dalam pelestarian dan pengembangan iptek tersebut.
b. Perkembangan IPTEK sebagai Landasan Ilmiah
Iptek merupakan salah satu hasil pemikiran manusia untuk mencapai kehidupan yang lebih baik, yang dimualai pada permulaan kehidupan manusia. Lembaga pendidikan, utamanya pendidikan jalur sekolah harus mampu mengakomodasi dan mengantisipasi perkembangan iptek. Bahan ajar sejogjanya hasil perkembangan iptek mutahir, baik yang berkaitan dengan hasil perolehan informasi maupun cara memproleh informasi itu dan manfaatnya bagi masyarakat
B. ASAS-ASAS POKOK PENDIDIKAN
Asas pendidikan merupakan sesuatu kebenaran yang menjadi dasar atau tumpuan berpikir, baik pada tahap perancangan maupun pelaksanaan pendidikan. Khusu s di Indonesia, terdapat beberapa asas pendidikan yang memberi arah dalam merancang dan melaksanakan pendidikan itu. Diantara asas tersebut adalah Asas Tut Wuri Handayani, Asas Belajar Sepanjang Hayat, dan asas Kemandirian dalam belajar.
1. Asas Tut Wuri Handayani
Sebagai asas pertama, tut wuri handayani merupakan inti dari sitem Among perguruan. Asas yang dikumandangkan oleh Ki Hajar Dwantara ini kemudian dikembangkan oleh Drs. R.M.P. Sostrokartono dengan menambahkan dua semboyan lagi, yaitu Ing Ngarso Sung Sung Tulodo dan Ing Madyo Mangun Karso.
Kini ketiga semboyan tersebut telah menyatu menjadi satu kesatuan asas yaitu:
Ø Ing Ngarso Sung Tulodo ( jika di depan memberi contoh)
Ø Ing Madyo Mangun Karso (jika ditengah-tengah memberi dukungan dan semangat)
Ø Tut Wuri Handayani (jika di belakang memberi dorongan)
2. Asas Belajar Sepanjang Hayat
Asas belajar sepanjang hayat (life long learning) merupakan sudut pandang dari sisi lain terhadap pendidikan seumur hidup (life long education). Kurikulum yang dapat meracang dan diimplementasikan dengan memperhatikan dua dimensi yaitu dimensi vertikal dan horisontal.
Ø Dimensi vertikal dari kurikulum sekolah meliputi keterkaitan dan kesinambungan antar tingkatan persekolahan dan keterkaitan dengan kehidupan peserta didik di masa depan.
Ø Dimensi horisontal dari kurikulum sekolah yaitu katerkaitan antara pengalaman belajar di sekolah dengan pengalaman di luar sekolah.
3. Asas Kemandirian dalam Belajar
Dalam kegiatan belajar mengajar, sedini mungkin dikembangkan kemandirian dalam belajar itu dengan menghindari campur tangan guru, namun guru selalu suiap untuk ulur tangan bila diperlukan.
Perwujudan asas kemandirian dalam belajar akan menempatkan guru dalamperan utama sebagai fasilitator dan motifator. Salah satu pendekatan yang memberikan peluang dalam melatih kemandirian belajar peserta didik adalah sitem CBSA (Cara Belajar Siwa Aktif).
Sumber Bacaan: Tirtarahardja, Umar dan S.L. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Download Versi Microsoft Office Word: Bab II Landasan dan Asas-Asas Pendidikan serta Penerapannya
Terimakasih ……..Ass.
By: ren on 11/29/2008
at 3:59 am
Walaikum salam
By: Hartoto on 12/06/2008
at 7:22 am
makasih ya …. membantu saya selesaikan tugas landasan ilmiah. thanxxxxxxxxxx
By: shakira on 12/15/2008
at 4:35 am
Sama-sama
By: Hartoto on 12/15/2008
at 1:47 pm
terima kasih 🙂
By: Mardhatullah on 03/08/2009
at 1:10 am
Sama sama
By: Hartoto on 03/12/2009
at 2:33 pm
landasan yuridis dan politisnya mana???
By: Plenong on 03/11/2009
at 6:00 am
Maaf, belum saya kasih masuk
By: Hartoto on 03/12/2009
at 2:35 pm
salm kenel ya
By: sandy on 12/03/2009
at 12:27 am
@ Sandy
Salam kenal juga, bisa cantumkan nama blognya
By: Hartoto on 12/03/2009
at 2:00 am
makasih jadi tugas kuliah jdi gampang
By: friska on 09/04/2009
at 5:06 am
Sama-sama. Salam kenal
By: Hartoto on 09/17/2009
at 6:30 am
trima ksh…tgs lndasan pndi2kn jd lncar…mf klo yg aliran Realisme pngrtiany g d cntumin y??
skali lg trma ksh..
By: hildajj on 09/11/2009
at 7:25 am
Yang saya cantumkan di atas adalah aliran-aliran pokoknya. Adapun realisme sudah sangat jelas. dan saya akan membuatkan judul tersendirinya nanti.
By: Hartoto on 09/17/2009
at 6:52 am
makacih ya udah bikintugas ku kelar. . . . . . . .
salam kenal??????
by………………
By: Daylien cuet on 09/24/2009
at 11:57 am
Sama-sama. Salam kenl
By: Hartoto on 09/28/2009
at 6:36 am
makasih bgt,
mnta do’anya mga tugaz lancar ……………………
amiin
By: N_Jie on 09/30/2009
at 12:21 pm
Amin.
By: Hartoto on 10/01/2009
at 2:48 am
mkcY ea,,.
ud nGbantu NceD nyLsain tgaZ.,
By: 'NceD on 10/02/2009
at 9:53 am
Terima kasih telah bersedia mampir di blog saya
By: Hartoto on 10/04/2009
at 9:27 am
kpn biasa nya anda tidak sibuk, soal nya ada yg ingin sya tanyakan pjg-lbr…..
ttg bab 3 ini….
soal nya saya agak kbgungan.
By: gio on 10/03/2009
at 11:47 am
makasih makasih you have helped me
By: candra on 10/04/2009
at 9:19 am
Sama-sama. senang bisa membantu
By: Hartoto on 10/04/2009
at 9:27 am
makasiih ya,pak hartoto
tugas saya jadi selesai karena adanya tulisan bapak…
By: Ajeng on 10/17/2009
at 1:06 pm
Senang bisa membantu, yang penting jangan di copas
By: Hartoto on 10/22/2009
at 2:40 am
ass,,,,makasih y?!
By: S-tie on 10/20/2009
at 3:32 am
Walaikum Salam warahmatullahi Wabarakatuh
Terima kasih sudah berkunjung di blog saya
By: Hartoto on 10/22/2009
at 2:46 am
pak minta izin copy untuk buat bahan tugas kuliah…terima kasih
By: ismanita on 10/26/2009
at 5:01 am
Silahkan. Asal disebutkan nama penulis dan url sumbernya
By: Hartoto on 11/02/2009
at 5:33 am
mf y pak, qu bingung ne cari tentang PENERAPAN ASAS-ASAS PENDIDIKAN DISEKOLAH DAN DILUAR SEKOLAH, Tolong y pak. thanks sebelumx.
By: uyun on 11/10/2009
at 10:20 am
Asas itu sesuatu yang menjiwai pelaksanaan sesuatu. Silahkan telaah lagi artikel tersebut, kemudian kaitkan dengan konteksnya di sekolah. Maka kan uyun dapatkan.
By: Hartoto on 11/16/2009
at 9:32 pm
5f pak, saya mau tanya, mengapa kemandirian dalam belajar yang sesuai dengan asas kemandirian tidak mengurangi peran seorang guru. Mhon alasannya ya pak, thanks,,,!
By: ewitri on 11/11/2009
at 2:29 pm
thanks atas tulisannya.tulisan bpak sngat membntu..saya izin copy untuk referensi tugas
By: sam asmin on 11/24/2009
at 4:01 am
@ sam Asmin
silahkan di copy, asal tetap dicantumkan nama penulis dan url sumbernya
By: Hartoto on 11/24/2009
at 4:43 am
thanks atas tulisannya
By: sam asmin on 11/24/2009
at 4:02 am
terima kasih atas paparan nya,, jadi nya ngerjain tugas makin mudah,,
By: tri munandar on 12/01/2009
at 2:10 pm
@ Tri Munandar
Sama-sama
By: Hartoto on 12/02/2009
at 1:24 am
landasan fragmatismenya dong, pengen tau nih hehe
By: dina on 12/11/2009
at 5:46 am
thanks atas artklx
By: atno on 12/14/2009
at 10:48 pm
Terimakasih pak buat sajian materinya karena ini sangat diperlukan dalam pengumpulan tugas salah satu mata kuliah.
By: irma on 12/24/2009
at 5:51 am
Ass SaLam kNL ea?
BUat…pk/mz hartoto,,dg bløg’y~tugskU jd cpEt kElar….thaNks beFørE.
By: Luthfi3 on 12/25/2009
at 11:08 pm
mksh ya..tgs makalah saya bs selesai gr2 bahan anda
By: JR on 02/25/2010
at 3:23 am
Assalamkm, ma kasih banyak. lw gitu bs dong bantuin aq bwt mnyelesaiin skripsi nanti.mau kan bantuin????….
By: liasari on 03/02/2010
at 10:47 am
thank’ udah bantuin aku tentang landasn pendidikan berkat itu tugasq jadi kelar mua nich
By: dian sari on 03/26/2010
at 10:29 am
sama-sama. yang penting jangan copas
By: Hartoto on 04/10/2010
at 6:09 pm
makasih kk buwat informasinya…… 🙂
By: Dani Rahman on 10/05/2010
at 9:28 am
thanks pak, tulisan bp memberikan tambahan wawasan tuk article saya. salam kenal pak
By: anom on 11/18/2010
at 8:30 am
@ Anom, sama-sama. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya
By: Hartoto on 11/19/2010
at 5:31 am
thank yach infonya.ini sangat membantu sy.
By: ratna on 12/06/2010
at 12:34 pm
@ Ratna, sama-sama. salam sukses
By: Hartoto on 12/08/2010
at 6:53 am
salam kenal …
trim sbelumnya ..
nack UNM Y??
By: aulia ramadhani on 12/15/2010
at 7:28 am
@ Uilia Ramadhani, iya. salam kenal. saya dari kampus orange (UNM). Aulia dari mana?
By: Hartoto on 12/15/2010
at 2:43 pm
sama ku maba di UNM (kampus orange) juga …
By: aulia ramadhani on 12/22/2010
at 9:55 am
sama ku maba di UNM (kampus orange) juga …
By: aulia ramadhani on 12/22/2010
at 9:56 am
@ Aulia, Jurusan apa dek?
By: Hartoto on 12/25/2010
at 3:23 am
jurusan paud kk …
qt udh alumni mq ..??
By: aulia_lovegood on 01/03/2011
at 5:05 pm
syukron trimakasih mhon izin
By: Abdul Rojib on 04/11/2011
at 9:23 am
landasan formal itu apa?
By: hana on 09/26/2011
at 5:19 am
MAKASIH………. OH YA UNTUK PENGERTIAN PENDIDIKANNYA ADA GA??
By: EMI on 10/02/2011
at 4:27 pm
By: Elly Elvina Ilyas on 02/02/2012
at 7:12 am
bermanfaat untuk saya
By: Tia Gustianti on 02/19/2012
at 12:55 pm
terima kasih, berkat tulisan anda tugas saya selesai……
By: Gugun on 03/11/2012
at 3:16 pm
@ gugun. sama-sama
By: Hartoto on 03/13/2012
at 6:14 am
[…] fatamorgana […]
By: landasan pendidikan « growolmath on 03/27/2012
at 3:23 pm
makasih ya tas bantuan nya…!! 🙂
By: midha roza on 04/10/2012
at 9:16 am
@Roza, sama-sama
By: Hartoto on 04/16/2012
at 2:10 am
sangat membantu mata kuliah saya akhir2 ini, teruslah berkarya kawan. minta izin untuk dicopy.
By: Muslimin Mappe on 05/07/2012
at 10:49 am
trmakasih…mau tanya. .legalistik/hukum kok tdak ada. ?
By: Wardhana Yudhi Brt on 05/14/2012
at 4:28 am
terimakasih sudah membantu tugas saya.. semoga menjadi amal solehnya
By: sri hadi nugraheni on 09/13/2012
at 3:24 am
@ Sri. sama-sama
By: Hartoto on 09/13/2012
at 6:42 am
izin copas gan…. bermanfaat banget blog ni.
By: rudi on 09/15/2012
at 5:07 am
syukron atas pendidikan yg saudara paprkan di website ini,semoga bermanfaat bagi kami dan terutama bagi penulis..amin…………
By: sadikin on 10/09/2012
at 9:38 am
ass,q mnt izin tuk copy,trimakasih tlah membantu tgas2 q,,
By: putriey lelhettz on 10/11/2012
at 10:50 pm
terima kasih sdh membantu
By: aulia on 11/20/2012
at 10:19 am
bissa…
By: Ijhas Chipork on 11/24/2012
at 3:53 am
trimaksih, ini sangat membantu tugas kuliah saya.
By: Arna Gusnia on 12/12/2012
at 6:34 am
[…] landasan dan asas-asas pendidikan serta penerapannya. [serial on line]. https://fatamorghana.wordpress.com/2008/07/12/bab-iii-landasan-dan-asas-asas-pendidikan-serta-penerap… Oktober […]
By: AZAS-AZAS POKOK PENDIDIKAN | Acehmillano gantO on 03/24/2013
at 6:47 pm
@ acehmillano. ok
By: Hartoto on 03/25/2013
at 4:28 pm
Ass pak saya mau tanya apakah kemandirian dalam belajar tidak mengurangi oeran guru?
By: youni on 11/10/2013
at 11:43 am
[…] landasan dan asas-asas pendidikan serta penerapannya. [serial on line]. https://fatamorghana.wordpress.com/2008/07/12/bab-iii-landasan-dan-asas-asas-pendidikan-serta-penerap… Oktober […]
By: makalah | unhyewahyuni on 06/17/2014
at 4:25 am
konsep dasar dan tujuan dari asas asas pendidikan itu apa aja pa?,soalnya penjelasan diatas tidak ada
By: wakini on 11/04/2014
at 1:45 pm
Ada perbedaan antara landasan dan asas… asas adalah sesuatu yg menjiwai, yg menyertai. Smentara landasan dijadikan pijakan, arah kemana harus melangkah.
Asas pendidikan sangat penting karena tanpa asas2 itu, pendidikan seperti tak memiliki arti/makna. Belajar sepanjang hayat, kmandirian, karakter adalah bagian dari pendidikan itucsendiri
By: Hartoto on 11/04/2014
at 3:51 pm
[…] landasan dan asas-asas pendidikan serta penerapannya. [serial on line]. https://fatamorghana.wordpress.com/2008/07/12/bab-iii-landasan-dan-asas-asas-pendidikan-serta-penerap… Oktober […]
By: MAKALAH LANDASAN FILOSOFIS PENDIDIKAN KAITANNYA DENGAN SEMBOYAN “ ING NGARSO SUN TULODO, ING MADYA MANGUN KARSO DAN TUT WURI HANDAYANI PADA PROSES PENDIDIKAN | Muhammad Auliya Ahnaf on 11/25/2014
at 11:16 am
Makasih ya, tugas makalahnya jdi kebantu gra” ini
By: alwy on 10/20/2015
at 3:26 pm
[…] https://fatamorghana.wordpress.com/2008/07/12/bab-iii-landasan-dan-asas-asas-pendidikan-serta-penerap… […]
By: ASAS PENDIDIKAN (PENGANTAR PENDIDIKAN) | Lely Dwi Fitriana on 11/10/2015
at 6:05 am
izin salin ya🙏
By: odf on 10/10/2020
at 9:14 am